Jumat, 04 Mei 2012 05:05:15
Belajar Bencana Bagi UMKM di Seminar Nasional PPMB FE
Seminar Nasional yang diadakan Pusat Studi Penelitian Pengembangan Manajemen dan Bisnis (PPMB) Fakultas Ekonomi UMS berlangsung selama lima jam di Auditorium Moh.Djazman pada sabtu (28/12).

Seminar bertemakan Penanganan Resiko Bencana Bagi UMKM ini dihadiri semua Universitas di daerah Surakarta dan luar Surakarta. Universitas luar yang hadir adalah Muhammadiyah Magelang, Muhammadiyah Purwokerto, dan masih banyak lagi. “Kita sampai menolak-nolak peserta,” terang Muzakar Isa selaku Ketua Divisi Penelitian PPMB FE UMS.

Acara yang rencanannya akan berlangsung pukul 08.00 sampai 12.30 ini menghadirkan tiga pembicara yaitu Jason Brown dari AIFDR-AUSAID kemudian M. Farid Wajdi dari PPMB FE UMS dan Muh. Amin Sunardi peneliti kebencaan UMS. “Ini adalah sosialisasi hasil penelitian PPMB FE UMS,” tutur Muzakar.

Seminar ini bukan hanya ajang sosialisasi saja, namun juga akan diadakan diskusi yang dipandu oleh Anton A. Setyawan. Diskusi akan dilaksanakan pukul 11.15 sampai pukul 12.00 siang. Setelah diskusi akan diadakan acara penutupan dan makan siang.

#seminar Seminar yang diadakan oleh PPMB FE UMS ini mensosialisasikan tentang resiko bencana para pelaku bisnis UMKM, Menentukan factor-faktor dampak bencana terhadap bisnis UMKM di Surakarta, Menentukan pihak yang terlibat dalam analisis dan manajemen resiko bencana, mengembangkan sebuah model manajemen resiko bisnis untuk mengantisipasi dampak bencana bagi UMKM Surakarta.

R. Muh. Amin Sunarhadi Salah satu pembicara yang juga Dosen Prodi Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Geografi UMS menyampaikan materi tentang mitigasi bencana kompleks wilayah sebagai penjaminan perkotaan yang berkelanjutan.

Amin dipilih sebagai pembicara oleh panitia karena Ia adalah peneliti bencana dari Ilmu Geografi. Selain itu, Pembicara lain sudah membahas dari sisi bisnisnya. Dosen geografi itu digunakan untuk melihat sudut pandang lain. “ Kami memilih Beliau karena Ia yang paling pas mengisi disitu,” jelas Muzakar. (RN/ID)


Arsip Semua Berita Website Versi Sebelumnya