Fakultas Komunikasi dan Informatika

Fakultas Komuniasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah satu dari 12 fakultas yang berada di bawah naungan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Fakultas yang relative masih baru di kampus Pabelan ini berdiri sejak tahun 2007 dengan adanya Surat Keputusan Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta yang tertanggal 10 Mei 2007. Berlokasi di gedung J kampus II Universitas Muhammdiyah Surakarta, Fakultas Komunikasi dan Informatika terus berusaha untuk menjadi pusat unggulan dalam penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni di bidang komunikasi dan informatika serta pengembangan sumber daya manusia berdasarkan nilai-nilai keislaman. Tujuan mulia ini dituangkan dalam berbagai upaya dan program-program fakultas yang senantiasa bertujuan untuk mendidik mahasiswa agar menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni di bidang komunikasi dan informatika berdasarkan nila-nilai keislaman sesuai kompetensi akademik dan professional. Selain itu, Fakultas Komunikasi dan Informatika juga menyelenggarakan kegiatan-kegiatan penelitian dalam bidang komunikasi dan informatika baik teoretis maupun terapan, menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat sebagai bentuk pengabdian, dan juga menjalin serta meningkatkan kerjasama yang berkelanjutan dengan pihak terkait di tingkat regional, nasional, maupun internasional.

Di usianya yang ke-sepuluh pada tahun 2017 ini, Fakultas Komunikasi dan Informatika memiliki 26 dosen dan sekitar 1820 mahasiswa yang tersebar di dua program studi strata satu, yaitu : Ilmu Komunikasi, dan Informatika. Para pengajar di Fakultas Komunikasi dan Informatika adalah dosen-dosen pilihan yang lulus dari berbagai perguruan tinggi terkemuka baik dari dalam maupun luar negri, seperti: Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Surabaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, Universitas Diponegoro, University of Glasgow, University of Southampton, University of Manchaster, University of Leicester, University of Lancaster, University of Sheffield, Macquaire University, dan lain sebagainya. Seluruh kegiatan proses belajar mengajar di Fakultas Komunikasi dan Informatika didukung dengan sarana kelas yang cukup nyaman berpendingin dan beebagai laboratoium untuk kegiatan praktikum mahasiswa. Laboratorium yang ada di Fakultas Komuniksai dan Informatika antara lain: laboratorium Televisi, Radio, Audio Visual, Editing, dan Fotografi yang lebih banyak digunakan oleh mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi; sedangkan mahasiswa program studi Informatika lebih banyak memakai laboratorium Sistem Informasi, laboratorium Jaringan Komputer, dan laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak.

Untuk meningkatkan dan menjaga mutu pendidikan yang kompetitif, Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta saat ini telah berhasil membina kerjasama dan hubungan baik dengan beberapa perguruan tinggi di luar negri seperti Kyung Dong University di Korea dan Dong Hwa University di Taiwan. Kerjasama ini dijalin melalui program-program double degree maupun kesempatan studi ke jenjang yang lebih tinggi untuk dosen maupun lulusan Fakultas Komuniksai dan Informatika.

Pelayanan akademik untuk dosen dan mahasiswa di Fakultas komuniksai dan Informatika dikelola dan dilaksanakan oleh 6 tenaga kependidikan yang bertanggungjawab atas pelayanan akademik (perkuliahan), administrasi, dan kegiatan praktikum di laboratorium (2 orang laboran). Pengembangan laboratorium yang ada di Fakultas Komuniksai dan Informatika tidak hanya untuk praktikum perkuliahan akan tetapi juga dimanfaatkan sebagai pendukung untuk keperluan kerjasama lembaga yang telah dijalin oleh fakultas. Sebagai contoh, laboratorium Televisi dan Editing dikembangkan menjadi Production House untuk TV Muhammadiyah; sedangkan laboratorium Radio dimanfaatkan sebagai studio pendamping untuk Radio Mentari FM. Pengembangan ini berdampak positif bagi mahasiswa karena mereka tidak hanya bisa menggunakan laboratorium tersebut semata untuk praktikum perkuliahan tetapi juga sebagai wadah untuk mereka berlatih praktek lapangan secara langsung atau sebagai pendukung program magang bagi mahasiswa.

Disamping akademik, mahasiswa Fakultas Komuniksai dan Informatika juga sangat didukung untuk berlatih mengelola dan mengatur organisasi. Kegiatan organisatoris kemahasiswaan dituangkan dalam 7 Organisasi Mahasiswa yang ada di fakultas, yaitu: Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan mahasiswa program studi baik prodi Ilmu Komuniksai (Himakom) maupun prodi Informatika (Himatif). Selain itu ada juga organisasi mahasiswa berdasarkan bakat dan minat yang berhubungan dengan bidang-bidang Ilmu Komuniksai dan Informatika, seperti: Kine untuk mahasiswa yang tertarik di bidang pembuatan film, Finic untuk yang berbakat dan memiliki minat di bidang fotografi, dan Fosti untuk mewadahi mahsiswa yang tertarik di bidang open source. Dan sebagai cirikas kemuhammadiyahan, ada juga Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah komisariat Fakultas Komunikasi dan Informatika yang kemudian dinamai IMM Komisariat Adam Malik. Seluruh kegiatan organisasi kemahasiswaan ini tersebut berada di bawah tanggungjawab fakultas dan berkoordinasi dengan Bagian Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kontak

No. Instansi/Unit Telepon Extension
1 Dekan FKI +62 271 717417 3438
2 Progdi Informatika +62 271 717417 3452
3 Progdi Komunikasi +62 271 717417 3451
4 Lab Komputer FKI +62 271 717417 3439
5 Staf Tata Usaha / KTU FKI +62 271 717417 3437

 

next