59 Dokter Baru Lulusan UMS Disumpah, Lahirkan Dokter yang Islami dan Unggul

Dikirim oleh ridlo pada Sel, 07/09/2019 - 08:26
sumpah-doketr2019

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali melantik dan menyumpah dokter lulusan dari Fakultas Kedokteran, Sabtu (6/7/2019). Mereka yang disumpah pada period eke 33 tahun 2019 tersebut sebanyak 59 dokter baru.

Bertempat di Hotel Swiss Bellin Sari Petojo Surakarta, sumpahwan 59 dokter baru tersebur terbagi dari 22 dokter perempuan dan 37 dokter laki-laki. Dari segi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), 1 sumpahwan bernama dr. Imam Nurhidayat meraih predikat cumlaude atau terbaik dengan perolehan IPK 3,78. Peraih lulusan terbaik ini merupakan putra dari pasangan Burman, SH dan Wati Burman. Sedangkan sumpahwan termuda pada pelantikan ini adalah dr. Aulia Nanda Savitri, yang lulus pada usia 23 tahun, 17 hari.

Prof Dr dr Em Sutrisna, M.Kes selaku Dekan Fakultas Kedokteran UMS menuturkan, Fakultas Kedokteran UMS hingga kini telah meluluskan 818 dokter, terdiri dari 534 dokter perempuan dan 284 dokter laki-laki.

Sejauh ini FK UMS bekerjasama dengan 10 rumah sakit yang jadi pendidikan mahasiswa untuk memperdalam ilmu kedokteran, yaitu RSUD Ir Soekarno Sukoharjo, RSUD Kabupaten Karanganyar, RS PKU Muhammadiyah Surakarta, BBKPM Surakarta, RSUD Dr. Harjono S Ponorogo, RSUD Dr. Sayyidiman Magetan, DKK Sukoharjo, RS. Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta, RSUD Dr. Moewardi, RSJD Dr. Arif Zainuddin Surakarta. Hingga saat ini, jumlah Dokter Muda (mahasiswa co-ass) aktif sebanyak kurang lebih 287 orang.

Tak cukup itu, FK UMS juga menjalin kerjasama internasional dengan Chulalongkorn Public Health School (CPHS) Thailand dan Medical Faculty of Khon Kaen University Thailand.

Berbicara dasar hukum, Fakultas Kedokteran UMS berdiri berdasarkan SK Ditjen DIKTI No. 2160/D/T/2004 dengan status Akreditasi B, kemudian untuk Program Profesi merujuk SK LAM-PTKes No. 0269/LAM-PTKes/Akr/Pro/V/2018. Fakultas Kedokteran UMS terus berusaha mencetak dokter yang berkualitas, sesuai visi yaitu menjadi Fakultas Kedokteran Islami yang unggul di bidang kedokteran keluarga untuk kemaslahatan umat manusia pada 2029.

Perlu diketahui, perjuangan mahasiswa Kedokteran Umum tersebut untuk lulus dan mendapat gelar dokter, harus melalui pendidikan di Fakultas Kedokteran UMS yaitu Pendidikan S1 selama 4 tahun dan pendidikan profesi dokter selama 88 minggu atau 1,7 tahun. Setelah itu, mahasiswa harus lulus ujian kompetensi yaitu UKMPPD, terdiri dari Computer Based Test (CBT) dan OSCE Nasional.

Fakultas Kedokteran UMS berharap kepada seluruh lulusan dokter agar terus menjaga nama baik almamater, mengabdikan diri menjadi klinisi, akademisi, studi lanjut menjadi dokter spesialis atau strata yang lebih tinggi mengikuti jejak para alumninya. Para alumni FK UMS menjadi stake holder dan pegawai fungsional yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Selain itu, harapannya para alumni FK UMS juga siap sedia menjadi relawan medis di daerah-daerah bencana di Indonesia. (Risqi)