ACEC Gelar JOB FAIR UMS 2019, Gandeng 25 Perusahaan Berskala Besar

Dikirim oleh ridlo pada Jum, 03/01/2019 - 08:33
jobfair-acec2019

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) telah mencetak banyak lulusan setiap tahunnya dari berbagai program pendidikan. Sebagai perguruan tinggi yang setiap tahun melepas lulusannya, UMS juga selalu memperhatikan kebutuhan alumninya, salah satunya dengan mengadakan program Job Fair.

Alumni Career and Employment Center (ACEC) UMS berencana menyelenggarakan Job Fair pada Rabu-Kamis (6-7/3/2019) mendatang. Kegiatan yang mengambil tema 'One Step for The Better Future' nantinya akan digelar di GOR Kampus 2 UMS. Acara tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang dirancang oleh ACEC UMS.

Bagi para alumni, Job Fair dapat menjadi salah satu tempat mereka untuk memperoleh pekerjaan. Disamping itu, Job Fair juga dapat memfasilitasi perusahaan mendapatkan tenaga kerja yang mereka inginkan. Sehingga dengan adanya Job Fair dapat memberikan manfaat bagi kampus, alumni, sekaligus perusahaan terkait.

Drs. Suyatmin Waskito Adi, M.Si selaku Kepala Bagian ACEC UMS mengatakan, Job Fair yang akan dilaksanakan selama dua hari nanti tidak hanya ditujukan kepada alumni UMS, namun juga dibuka untuk umum. ACEC berusaha untuk memprioritaskan alumni UMS agar dapat direkrut perusahaan peserta Job Fair dengan cara melaksanakan MoU dengan perusahaan terkait. Sehingga perusahaan tersebut memiliki komitmen untuk merekrut alumni UMS.

Suyatmin juga menjelaskan bahwa Job Fair UMS 2019 akan melibatkan 25 perusahaan yang merupakan perusahaan berskala besar. Tahun ini jumlah perusahaan peserta Job Fair UMS lebih sedikit dibanding tahun lalu yang melibatkan hingga 40 perusahaan. “Kami memang merancang perusahaan peserta Job Fair tidak begitu banyak. Perusahaan yang mengikuti Job Fair kali ini didominasi manufaktur, kesehatan, serta kuliner,” jelasnya.

Dia juga menambahkan bahwa keterserapan alumni yang mengikuti Job Fair tahun lalu sebanyak 402 orang dari 1.345 alumni UMS. ACEC akan mendata seluruh jumlah alumni yang diterima di perusahaan berdasarkan penempatan, posisi, hingga gaji. Selanjutnya, mereka akan membuat laporan data grafik dari perekrutan alumni UMS yang mengikuti Job Fair tersebut.

“Berdasarkan data tahun 2018, peserta Job Fair dari alumni UMS sebanyak 37%, dari UNS 19%, dari UNNES 2%,UGM 2%, UNDIP 2%, UII 1%, sementara univesitas lain 30%,” ungkap Suyatmin.

Kegiatan semacam ini juga merupakan bentuk komitmen UMS dalam mengantarkan lulusannya menuju gerbang kesuksesan. Sehingga bagi para alumni yang belum mendapatkan pekerjaan, kesempatan seperti ini bisa dimanfaatkan. (Fitroh/Risqi/Khairul)