Ayo! Jaga Kesehatan Jasmani Lewat Olahraga

Dikirim oleh ridlo pada Sel, 11/28/2017 - 09:10
senam-asma-000

Kegiatan olahraga sangat penting demi menjaga kesehatan jasmani setiap orang, terlebih bagi mereka yang sibuk bekerja. Melihat hal tersebut, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membentuk Klub Senam Asma yang rutin mengadakan kegiatan senam setiap Sabtu pagi. Bahkan melalui kegiatan tersebut, UMS kini ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan rutin senam asma se-Karesidenan Surakarta, Minggu (26/11/2017).

Kegiatan yang bekerjasama dengan Yayasan Asma Indonesia (YAI) Cabang Surakarta ini mengundang sebanyak 14 klub senam asma se-Karesidenan Surakarta. Jika dihitung dari jumlah keseluruhan anggota, peserta yang hadir diperkirakan sekitar 700 orang.

Dr. Sofyan Anif, M.Si selaku Rektor UMS yang turut hadir untuk memeriahkan acara tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan senam asma ini merupakan salah satu program UMS dalam rangka menggiatkan kembali kedisiplinan dalam berolahraga. “Ini adalah salah satu program UMS yaitu untuk menggiatkan lagi kegiatan olahraga, termasuk kegiatan senam yang dilakukan di kampus ini,”ungkapnya.

Dr. Sofyan Anif, M.Si juga menambahkan bahwa kegiatan ini juga masih termasuk dalam rangkaian peringatan Harijadi UMS ke-59. “Kegiatan senam asma ini sekaligus kita kaitkan dengan peringatan Harijadi UMS ke-59. Oleh karena itu, saya menyambut baik kegiatan ini. Ini merupakan salah satu bentuk kegiatan olahraga yang setiap orang butuh,” tambahnya.

Kegiatan yang berorientasi pada kesehatan ini sengaja digelar dalam rangka memfasilitasi para civitas akademika UMS untuk terus menjaga kesehatannya. Bahkan diungkapkan pula oleh Rektor UMS bahwa senam asma ini diadakan dari kita, oleh kita, dan untuk kita semua.

Selain melakukan kegiatan senam, acara ini juga diwarnai dengan lantunan lagu yang dibawakan oleh My UMS Band. Bahkan dalam kesempatan ini, Dr. Sofyan Anif, M.Si bersama istrinya juga sempat menyanyikan sebuah lagu untuk memberikan semangat kepada para peserta senam. Tidak lupa pula di tengah hiburan yang diberikan ini, dilakukan pengundian doorprize yang diberikan kepada para peserta senam asma.

Dalam kesempatan ini, Dra. Juliani Prasetyaningrum, M.Si selaku ketua Klub Senam Asma UMS juga turut menyampaikan bahwa kegiatan senam asma yang diselenggarakan ini merupakan sebuah acara rutin yang dilaksanakan selama 3 bulan sekali.

“Ini adalah acara rutin senam asma se-Solo Raya yang dilaksanakan selama 3 bulanan. Tahun 2014 yang lalu, UMS juga menjadi tuan rumah, tapi pada saat itu tempatnya di Edupark. Dan kini UMS menjadi tuan rumah lagi dengan lokasi yang lebih strategis, yaitu di halaman Gedung Induk Siti Walidah,” ungkapnya.

Prof. Dr. Dr. Suradi selaku perwakilan dari YAI Cabang Surakarta juga menambahkan bahwa memang kegiatan ini dilaksanakan selama 3 bulan sekali dan sebelumnya digelar di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar. “Terakhir kita senam bersama di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar sebelum Puasa. Saat ini alhamdulillah kita dapat bergabung kembali di Kampus UMS. Harapan saya nantinya kegiatan ini dapat berjalan dengan baik,” tutupnya. (khairul)