Berikan Bekal Menjadi Videografer Kreatif: Prodi Ilmu Komunikasi UMS Gelar Seminar Nasional

Dikirim oleh ridlo pada Sen, 12/04/2017 - 08:57
seminar-vidiografi

Tingginya arus globalisasi dan semakin majunya teknologi di era sekarang memiliki dampak yang cukup signifikan, salah satunya mengarah dalam hal semakin ketatnya persaingan dalam dunia kerja. Kini dunia kerja terutama di Indonesia tidak hanya membutuhkan orang yang pintar dalam hal akademis saja, namun juga kreatif, apalagi bagi mereka yang ingin masuk ke Industri Kreatif seperti perfilman atau pertelevisian. Melihat akan hal tersebut, Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Seminar Nasional bertemakan Be A Creative Videographer, Sabtu (2/12/2017).

Acara yang di gelar di Ruang Seminar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMS ini menghadirkan pembicara yang cukup professional di bidangnya. Peserta yang hadir dalam seminar ini juga terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, pelajar SMA dan SMP, hingga masyarakat umum. Selain itu, panitia dari acara tersebut merupakan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UMS yang berasal dari Mata Kuliah Management Event dengan tim bernama Metiga Organizer.

Muhammad Rizky Ma'ruf selaku ketua panitia menjelaskan bahwa pengambilan tema ini mengacu pada tujuan Ilmu Komunikasi UMS yang mengharapkan mahasiswanya mengetahui apa itu videografi dan sinematografi. Maka dari itu mereka mengundang Anjas Maradita sebagai pembicara dalam seminar tersebut.

“Anjas Maradita adalah seorang youtuber yang di chanel-nya memberikan edukasi dan praktek mengenai videografi, baik pra-produksi maupun setelah produksi,” jelasnya.

Dalam seminar ini dibahas mengenai bagaimana teknik dalam membuat video. Selain itu para peserta juga dibekali sejumlah tips untuk editing video. Tidak hanya menyajikan tutorial yang sebatas teknikal saja, namun penyajian dalam materi tesebut juga diberikan secara praktis sesuai kebutuhan yang diperlukan para peserta. Beberapa materi yang diberikan dalam seminar ini diantaranya building konten video, increase productivity, dan youtube algorithm.

Zahra Noor Eriza selaku dosen pembimbing dari Mata Kuliah Manajemen Event berharap kegiatan seminar ini bisa memberi edukasi tidak hanya mahasiswa tapi semua orang untuk bisa menjadi creator video yang baik. “Semoga kedepannya bisa dibuat semacam workshop dengan konten yang lebih praktikal, sehingga peserta tidak hanya menerima materi tetapi juga bisa merasakan cara pembuatan konten video yang menarik,” ungkapnya. (Khairul)