Eksistensi Informatika UMS, Himatif Selenggarakan PARTI ke-6

Dikirim oleh ridlo pada Sen, 11/26/2018 - 15:06
himatif-parti

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMATIF) baru saja melaksakan kegiatan tahunan yang ke enam. Parade Teknik Informatika (PARTI) kali ini diselenggarakan November 2018. Setiap tahunnya rangkaian acara PARTI sangatlah bervariasi, tahun ini acara yang terselenggra adalah lomba 2D Animasi, lomba Futsal dan Seminar Nasional.

Acara pertama, lomba 2D Animasi dilakasanakan bertepatan dengan opening ceremony PARTI (4/11/2018). Acara PARTI dibuka secara simbolis oleh ketau umum HIMATIF periode 2017/2018. Lomba 2D Animasi diikuti oleh pelajar SMA/SMK sederajat dengan tujuan menampung dan memotivasi pelajar dalam menggunakan teknologi kearah yang positif. Selain itu diharapkan dapat mengasah kreatifitas dan pengalaman pelajar itu sendiri.  

Menginjak ke acara ke dua, lomba futsal yang diselenggarakan selama dua hari sejak 6 November tersebut mendapat respon baik oleh pecinta olah raga ini. Ditujukan untuk kalangan umum dengan usia maksimal 23 tahun, lomba futsal ini tetap diminati oleh pelajar SMA/SMK sederjat. Kendati demikian kemampuan mereka dalam menggocek bola tidak kalah apik dari peserta lainnya.

Dengan semangat sportifitas, HIMATIF ingin mengajak generasi muda menyalurkan bakatnya dibidang olah raga. Kompetisi ini juga sekaligus menjadi ajang mengatur mental dalam menghadapi rintangan menuju predikat juara. Kegiatan ini juga menjadi pembuktian jika mahasiswa khususnya di jurusan informatika tidak hanya mahir di hadapan komputer, melainkan juga mampu melaksanakan kegiatan olah fisik.

Menutup rangkaian acara PARTI, diselenggrakan Seminar Nasional dengan mengangkat tema 'Ubiquitous Computing'. Acara yang diselenggarakan di Gedung Auditorium Moh Djazman kampus 1 UMS tersebut menghadirkan Yopie Suryadi (Founder MailTarget.co) dan Widyawan (Dosen UGM).

Muhamad Luthfi Choirur Rohman, Ketua Acara Seminar menjelaskan di era digital segalanya serba terkomputerisasi. Bahkan saat ini banyak terdapat peralatan rumah tangga yang sudah di kontrol dengan komputer, bisa menjalankan fungsinya hanya dengan perintah suara. Perangkat-perangkat tersebut merupakan wujud nyata ubiquitous computing. Karena perkembangannya yang pesat, perlu adanya pengenalan dasar kepada mahasiswa.

 "Karena kita melihat bahwa ubiquitous ini akan terus berkembang pesat,dan ilmu tentang dasar dari ubiquitous ini seharusnya mulai di perkenalkan kepada mahasiswa." tandasnya.

Disela-sela seminar, dilaksanakan juga penyerahan hadiah kepada pemenang lomba 2D animasi dan lomba futsal. Dengan paparan diatas, HIMATIF berharap agar kegiatan PARTI ini dapat berjalan lebih baik lagi kedepannya. Dengan rangkaian yang sama maupun dengan rangkaian yang lebih menarik lagi nantinya. (himatif)