Euforia Milad UMS ke-60 "UMS Untuk Negeri"

Dikirim oleh ridlo pada Min, 10/28/2018 - 16:30
jalan-sehat-bazar-60

Rangkaian acara Semarak Milad Universitas Muhammadiyah Surakarta ke-60 dilanjutkan dengan kegiatan Jalan Sehat dan Bazar. Kegiatan yang berlangsung pada hari Ahad (28/10), di awali dengan pembukaan dan start dari Timur Masjid Sudalmiyah Rais UMS. Dimulai pukul 06.00 WIB pagi, dengan rute perjalanan mulai dari Masjid Sudalmiyah Rais, kemudian mengitari Tugu Makutha Solo, Edupark UMS hingga selesai di Gedung Olah Raga (GOR) UMS. Jalan sehat yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya ini, kali ini diikuti oleh seluruh sivitas akademika UMS, Pimpinan Muhammadiyah se-Solo Raya, Mitra UMS dan masyarakat umum sekitar kampus UMS.

Rektor UMS Dr. Sofyan Anif M.Si. menjelaskan tema Milad UMS kali ini yaitu ‘UMS untuk Negeri’ selaras dengan tema Milad Muhammadiyah ke-106 yakni ‘Ta’awun Untuk Negeri’. Ta’awun sendiri berarti kegiatan tolong menolong dalam kebaikan antar sesama. “Tema milad tahun ini adalah UMS untuk Negeri, hal ini sebagai sarana UMS sejak berdiri hingga UMS semakin maju, berkembang dan semakin banyak memberikan sumbangsih yang bermanfaat bagi masyarakat” jelas Rektor UMS saat diwawancarai. 

Rektor UMS menyebutkan beberapa contoh sumbangsih UMS untuk negeri adalah terlibatnya dalam penanganan bencana alam di Lombok dan Palu beberapa waktu lalu, bahkan sampai hari ini masih ada beberapa relawan yang berada dilokasi bencana melaksanakan tugas relawannya. Untuk memperkuat peran UMS dalam misi kemanusiaan, pada kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan satu unit mobil operasional rescue dari Bank Jateng Syariah kepada UMS. Penyerahan simbolis mobil rescue diterima oleh Rektor UMS dari pihak Bank Jateng Syariah secara langsung dihadapan para peserta jalan sehat. Untuk pengelolaan mobil tersebut akan dilakukan oleh Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqoh Muhammadiyah (Lazismu UMS).

Jalan sehat dan Bazar kali ini juga diiringi dengan hiburan musik dari My Band UMS. Hal menarik dari My Band UMS yaitu, salah satu personil band tersebut adalah Wakil Rektor bidang Keuangan dan Sistem Informasi yakni Ir. Sarjito, M.T, Ph.D sebagai gitaris. Acara juga diselingi dengan pengumuman pemenang lomba untuk Dosen dan Karyawan UMS yang sudah dilaksankan sebelumnya. Selanjutnya, acara yang sangat dinantikan oleh peserta jalan sehat adalah pengundian berhadiah. Hadiah yang dibagikan secara gratis yakni 2 (dua) unit sepeda motor, 60 unit sepeda, mesin cuci, Televisi, lemari es, peralatan rumah tangga dan puluhan hadiah menarik lainnya.

Suasana acara menjadi semakin menarik dengan tersedianya stand bazar yang menjual produk makanan, minuman, peralatan rumah tangga, perkebunan, jasa pijat dari fisioterapi UMS dan masih banyak produk lainnya. Bazar tersebut diisi dari usaha milik dosen, karyawan dan mahasiswa UMS. Selain itu dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) milik masyarakat umum. UMS juga memberikan voucher belanja senilai Rp. 40.000,- perorang dan bisa dibelanjakan di stand yang telah disediakan oleh panitia.

Sementara Ketua Umum Korkom IMM UMS yakni Abdul Afif Amrulloh berharap UMS harus lebih maju, bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi garda terdepan dalam mencetak kader Muhammadiyah dan Bangsa. “Keder Muhammadiyah dan bangsa yang dicetak UMS harus mempunyai karakter intelektualitas, religiusitas dan humanitas” harap Ketua Umum Korkom IMM UMS. (Risqi)