FK UMS Kirim Delegasi dalam 4th KKU ICEM di Thailand

Dikirim oleh ridlo pada Sel, 04/16/2019 - 10:06
fkums-goesto-thailand

THAILAND-Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta (FK UMS) mengirimkan delegasi dalam event internasional yang bertajuk 4th KKU ICEM (Internasional Challenge on Emergency Medicine and Related Basic Sciences), akhir Maret lalu. Tema yang diambil dalam kompetisi internasional ini adalah 'Emergency Medicine'.

ICEM sendiri merupakan kegiatan tahunan yang digelar oleh Faculty of Medicine Khon Kaen University, Thailand. Kompetisi yang digelar di Provinsi Khon Kaen Thailand ini berlangsung selama 5 hari, Jumat – Selasa (29/3-2/4/2019).

Delegasi yang mewakili FK UMS berjumlah 1 tim yang beranggotakan 4 orang. Keempat orang tersebut di antaranya Yuhanida Ratnasari (angkatan 2016), Annisa Ayu Nabila (angkatan 2016), Gandhes Sahida Basserawy (angkatan 2015) dan Asri Wahyu Azzahro (angkatan 2015). Selain itu, mereka juga didampingi oleh dr. Budi Hernawan, M.Sc.

Jumlah peserta dalam 4th KKU ICEM ini adalah 31 tim yang terdiri dari 12 negara. Peserta berasal dari jenjang preklinik maupun klinik. Namun, mayoritas peserta merupakan mahasiswa klinik (mahasiswa tingkat akhir).

Rangkaian kegiatan 4th KKU ICEM diawali dengan Welcoming Party pada Jumat malam. Pada kegiatan ini peserta dibagi menjadi 10 kelompok yang terdiri dari 12 mahasiswa dari berbagai negara didampingi oleh panitia kegiatan, sehingga peserta dapat saling mengenal dan bertukar informasi mengenai program pendidikan dokter di negara masing masing.

Keesokan harinya, Sabtu (30/3/2019), semua peserta menjalani lomba tahap pertama, yaitu tahap penyisihan berupa MCQ (multiple choice question) yang dikerjakan secara individual dan MEQ (multiple essay question) yang dikerjakan dalam tim. Agenda ini dilanjutkan dengan thai fun fair  (kegiatan mini festival) yang diselenggarakan oleh panitia dan diakhiri dengan menjelajahi kuliner di Khon Kaen dengan mengunjungi 'walking street'.

Selanjutnya, peserta memperoleh workshop tentang kegawatdaruratan medis di Srinagarind Hospital, Minggu (31/3/2019). Workshop yang dilakukan meliputi pelatihan penggunaan USG untuk diagnosis syok hipovolemik, airway management, dan endoscopy. Kegiatan di siang hari adalah sightseeing, panitia menyediakan 3 pilihan wisata untuk peserta yaitu mengunjungi temple dan thai massage, mengunjungi farm, dan games. Kegiatan dimalam hari ditutup dengan mengunjungi 'tontann night market' Khon Kaen.

Puncak dari 4th KKU ICEM digelar pada Senin (1/4/2019). Dalam puncak kompetisi ini diambil 16 besar tim untuk masuk ke babak semifinal. Babak semifinal berupa soal isian singkat yang dikerjakan dalam tim. Selanjutnya, dari babak semifinal ini diambil 5 tim yang masuk ke babak final, kemudian diambil 3 tim melalui lomba cerdas cermat untuk menentukan juaranya.

Tiga tim dengan skor tertinggi dapat melanjutkan babak OSCE untuk menentukan juara 1, 2, dan 3. Runner up 1 dan 2 didapatkan oleh Chiang Mai University Thailand dan Juara 1 didapatkan oleh Navamindradhiraj University Thailand. Kegiatan ditutup dengan farewell party berupa pentas seni dari masing-masing Negara yang menjadi peserta dalam 4th KKU ICEM.

Pengiriman delegasi dari FK UMS untuk mengikuti kompetisi internasional ini bukan merupakan kali pertama, melainkan sebelumnya FK UMS telah mengirimkan delegasinya pada ICEM pertama tahun 2016. FK UMS telah memiliki MOU kerjasama dengan Faculty of Medicine Khon Kaen University dan Culalangkorn University Thailand, sehingga FK UMS aktif mengirimkan delegasi dalam berbagai event internasional yang diselenggarakan oleh kedua universitas tersebut.

Walaupun belum mampu mengukir prestasi dalam 4th KKU ICEM, FK UMS bertekad untuk terus mengembangkan kompetensi mahasiswanya untuk dapat bersaing di kancah internasional. (Khairul)