Gemakan Takbir di UMS, Idul Adha Momentem Berbagi

Dikirim oleh ridlo pada Sen, 08/12/2019 - 09:54
gemakan-takbirums

Tepat pada 10 Dzulhijah 1440H umat islam diseluruh penjuru dunia merayakan Idul Adha. Tidak terkecuali dengan keluarga besar Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang turut dalam suka cita perayaan Idul Adha dengan menyelenggarakan sholat ied berjamaah di lapangan Gedung Induk Siti Walidah yang dilanjutkan dengan agenda penyembelihan hewan kurban.

Pelaksanaan shalat ied pada Ahad (11/8/2019) pagi yang diikuti oleh keluarga besar UMS dan masyarakat umum tersebut dipimpin oleh imam dan khatib Prof. Dr. Tjipto Subadi, M.Si, yang juga selaku Guru Besar di UMS. Pada khutbahnya, Tjipto menyampaikan, agar umat Islam tidak menjadi orang yang egois. Kemudian, dia juga berpesan bahwa sebagai umat Islam itu harus bisa memakmurkan masjid dan ikut aktif dalam membangun bangsa.

"Kita sebagai umat Islam harus mendukung saudara kita (umat Islam) yang kompeten dibidangnya untuk masuk dalam pemerintahan. Karena awal kemunduran Islam itu terjadi ketika orang-orang Islam lebih memilih untuk berdiam diri dan bersikap tak peduli dengan politik," paparnya.

Selepas menuaikan shalat ied, gema takbir, tahlil dan tahmid terus berkumandang mengiringi acara penyembelihan hewan kurban di Kampus 2 UMS. Panitia kurban menuturkan bahwa tahun ini UMS menyembelih tiga ekor sapi, namun demikian banyak warga UMS yang tetap berkurban di daerahnya masing-masing. 

"Kita menyembelih sapi (tiga) disini, tapi banyak juga dosen-dosen UMS yang kurban di daerahnya" jelas Yayuli, M.P.I, selaku Kasubid Kajian Keilmuan, Warisan Islam dan Monev Kader.

Dodi Afianto, S.Ag., M.Pd.I Ketua Panitia Kurban UMS menuturkan daging akan dibagikan kepada Jamaah Al Maun UMS yang beranggotakan cleaning service outsourcing yang bekerja di UMS. Selain itu juga akan dibagikan kepada para penyandang cacat, organisasi, pondok pesantren dan juga masjid yang sudah mengajukan permohonan daging ke UMS melalui surat resmi.

Pada acara penyembelihan hewan kurban, turut hadir Dr. Syamsul Hidayat, M.Ag (Dekan FAI), Dr. Triyono (Kepala BAA), Yayuli, M.P.I (Kasubid Kajian Keilmuan, Warisan Islam dan Monev Kader), Abu Bakrie Royani, S.Ag (Kasubid Mentoring), Prof. Dr. Endang Fauziati, M.Hum (Sekretaris LPPIK), dan Drs. Saifuddin, M.Ag (Kabid Pengembangan AIK & Kerjasama Persyarikatan). (Bangkit N/Humas)