Grand Opening RSGM. Hj Soelastri UMS: Wujud Nyata dalam Membangun Negeri

Dikirim oleh ridlo pada Sen, 01/21/2019 - 14:37
go-rsgmsoelastri

Senin (21/1/2019) Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Hj. Soelastri Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) resmi menggelar Grand Opening di halaman gedung rumah sakit yang bertempat di Jalan Slamet Riyadi Solo. Acara dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kota Surakarta, PP Muhammadiyah, Keluarga besar Hj. Soelastri, Rektor UMS beserta jajarannya dan tamu undangan lainnya.

Hadirnya RSGM Hj. Soelastri menjadi bukti bahwa UMS komitmen dalam memberi manfaat pada masyarakat serta peningkatan mutu pendidikan khususnya Fakultas Kedokteran Gigi UMS. Disebutkan oleh Dikrektur Rumah Sakit, drg. Noor Hafida Widyastuti, Sp.KG. bahwa Rumah Sakit khusus tersebut sudah mendapatkan ijin operasional pertanggal 7 Januari 2019 dan mulai beroperasi pertanggal 14 Januari 2019 lalu, dengan ditandai Grand Launching Operasional (14/1/2019).

"Sebagai Rumah Sakit yang telah diakui, RSGM Hj. Soelastri UMS ini, telah mendapat ijin operasional mulai tanggal 7 Januri 2019. Dan telah dilengkapi peralatan pemeriksaan gigi dan mulut  yang canggih" kata Dirut RSGM saat menyampaikan laporan dalam acara tersebut.

Sementara Dr. Sofyan Anif, M.Si. selaku Rektor mengungkapkan bahwa berdirinya Rumah Sakit ini merupakan bentuk sumbangsih UMS untuk membangun negeri melalui layanan kesehatan. Selanjutnya, dia optimis peluang rumah sakit gigi dan mulut Hj. Soelastri cukup besar, mengingat di Solo bahkan Jawa Tengah jarang ditemui rumah sakit khusus gigi dan mulut. Pertama ada di Semarang dan kedua ada di Solo yang dimiliki oleh UMS.

"Peluang tersebut kami tangkap dengan membangun RSGM. Sekaligus menjadi laboratorium pengembangan Fakultas Kedokteran gigi UMS" ungkapnya.

Kemudian saat diwawancarai di Dapur Solo Edupark UMS (19/1/2018) Rektor juga menjelaskan, kehadiran rumah sakit tersbut akan memberikan fasilitas layanan khusus bagi sivitas akademika UMS, layaknya pelayanan di Muhammadiyah Medical Center (MMC) yang ada di UMS.

"Tentu rumah sakit ini akan memberi layanan khusus bagi mahasiswa, dosen, dan karyawan UMS seperti pelayanan di MMC selama ini" tukasnya.

Penting diketahui, nama rumah sakit Hj. Soelastri sendiri, diambil dari seorang tokoh pendiri IKIP Muhammadiyah Solo yang menjadi cikal bakal lahirnya UMS. Sehingga pada momen bahagia tersebut, Putra Kedua Hj. Soelastri, bernama dr. H. Soelastomo,M.PH. (80) berkesempatan untuk memberikan sambutan. Dia mengingatkan kepada seluruh warga Muhammadiyah tentang ajaran K.H Ahmad Dahlan. "Hidup-hidupilah Muhammadiyah, jangan mencari hidup di Muhammadiyah" Pesannya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta, dr. Siti Wahyuningsih, M.Kes. menyampaikan penyakit gigi di masyarakat Indonesia masih tergolong tinggi, salah satu penyebabnya, masyarakat jarang melakukan perawatan gigi karena perawatan gigi sering dianggap mahal. Tapi kini dengan berdirinya RSGM UMS berharap dapat membantu masyarakat kelas bawah yang benar-benar membutuhkan. 

"Pemerintah merasa terbantu dengan layanan kesehatan yang dimiliki Muhammadiyah. Karena bicara tanggungjawab kesehatan, merupakan tanggungjawab bersama" lanjut dr. Siti Wahyuningsih.

Terakhir arahan dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah, oleh Drs. H. A. Dahlan Rais, M.Hum. mengucapkan rasa syukur dan bangga, akhirnya Muhammadiyah di Jawa Tengah memiliki fasilitas layanan kesehatan khusus gigi dan mulut.

"Rumah Sakit Gigi dan Mulut Hj. Soelastri UMS merupakan rumah sakit khusus pertama yang dimiliki Muhammadiyah di Jawa Tengah dan pertama di Solo raya" ucapnya.

Menutup kebersamaan pada Grand Opening kali ini, dilalukan sesi pemotongan pita serta pembukaan tirai oleh PP Muhammadiyah, sebagai simbol RSGM Hj. Soelastri UMS resmi dibuka. (Risqi)