HW UMS Berbagi Kebaikan di Awal Bulan Hijriyah

Dikirim oleh ridlo pada Jum, 09/14/2018 - 08:29
hw-pengobatan-gratis

Hari libur merupakan saat yang ditunggu-tungu oleh mahasiswa. Banyak cara yang dilakukan mahasiswa dalam mengisi hari liburnya dengan berbagai  kegiatan kreatif dan bermanfaat. Tak terkecuali para mahasiswa UMS yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Hizbul Wathan Universitas Muhammadiyah Surakarta (HW UMS). 

Pada kesempatan libur kuliah kemarin (11/9) bertepatan dengan tahun baru Hijriyah 1440 H, UKM yang bergerak diranah kepanduan tersebut mengisi liburannya dengan menyelenggarakan pengobatan gratis bagi lansia. Layanan pengobatan gratis tersebut bertempat di Panti Jompo Pimpinan Daerah Aisyiyah kota Surakarta. Panti jompo tersebut dihuni sebanyak 31 lansia, dan mendapatkan manfaat dari program yang diselengarakan oleh salah satu ortom Muhammadiyah itu. 

Program pengobatan gratis terhadap lansia ini, merupakan program kerja dari Bina Karya Mandiri (BKM) Kesehatan HW UMS. Laila Romadhona selaku ketua bidang kesehatan HW UMS menjelaskan alasan memilih pelayanan terhadap lansia karena mereka berharap lansia-lansia di Indonesia bisa sehat, mandiri dan bertaqwa. 

“Diusianya yang tak lagi muda, para lansia tetap membutuhkan perhatian khusus, supaya selalu bisa sehat, mandiri dan tak ketingalan semakin bertaqwa,” jelas Dhona yang juga merupakan mahasiswa Fisioterapi UMS angkatan tahun 2015.

Suksesnya program tersebut, merupaka hasil kerjasama antara HW UMS bersama Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam Solo dan Geriatric Wellness Club Fisioterpi UMS. Selain layanan pengobatan, pnyuluhan kesehatan terhadap lansia juga dilakukan untuk mewujudkan lansia yan mandiri.

Kegiatan sosial ini diakhiri dengan pengajian keislaman, dengan pembicara Bunda Ismokoweni sebagai Ketua Bidang Pendidikan dan Latihan (Diklat) Qobilah HW UMS. Dalam materinya, Bunda Ismokoweni menyampaikan tentang pentingnya seorang manusia bersyukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan. 

“Pesan saya untuk kita semua, untuk selalu bersyukur dan ingat kepada Allah” tandasnya. Kegiatan sosial ini kerap dilakukan oleh HW UMS sebagai bentuk pengamalan dari Undan-Undang Hizbul Wathan yaitu 'Pandu HW itu sip menolong dan wajib berjasa'. (Risqi)