Ikatan Alumni UMS Berikan Beasiswa kepada 14 Mahasiswa dari Berbagai Fakultas

Dikirim oleh ridlo pada Jum, 05/10/2019 - 08:20
beasiswa-ikaums

Ikatan Alumni Universitas Muhammadiyah Surakarta (IKA UMS) memberikan beasiswa kepada 14 mahasiswa dari berbagai fakultas di UMS.  Pemberian beasiswa ini bagian dari peran serta IKA UMS untuk membantu meringankan beban keuangan mahasiswa serta membantu kontribusi UMS dalam meningkatkan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT).

Kesepakatan pemberian beasiswa kepada para mahasiswa tersebut ditandai dengan penandatanganan kontrak penerimaan beasiswa antara IKA UMS dengan para penerima yang berlangsung di Ruang Biro Kemahasiswaan Lantai 3 Gedung Siti Walidah, Rabu (8/5/2019).

Menurut Ketua IKA UMS, Ir Sarjito, M.T Ph.D, tahun ini jumlah mahasiswa penerima beasiswa mengalami peningkatan dibanding tahun lalu. Jika tahun lalu hanya 11 mahasiswa yang menerima, tahun ini sebanyak 14 mahasiswa dari 570 pendaftar online. 

“Tahun 2019 ini Alhamdulillah animo pendaftar beasiswa makin banyak. Pendaftar onlinenya ada 570 mahasiswa, tapi yang melengkapi berkas ada 238. Dari seluruh mahasiswa yang melengkapi berkas, akhirnya terseleksi sebanyak 14 mahasiswa yang berhak menerima beasiswa untuk tahun 2019,” ungkapnya.

Dalam penerimaan beasiswa IKA UMS, mahasiswa yang mendaftar harus memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan oleh pihak IKA UMS. Syarat-syarat  tersebut adalah menyangkut IPK (bobot 15%), penghasilan orangtua (bobot 15%), keaktifan dalam ortom Muhammadiyah dan Kemasiswaan (bobot 20%) dan membuat essay profil diri (bobot 50%).

Para penerima beasiswa IKA UMS yang memenuhi persyaratan dan lolos tahap seleksi berasal dari berbagai program studi di UMS. Mereka adalah, Septana Nur Hidayat (FKIP), Muh Faizal (FKIP), Hijril Nugroho (FEB), Hasna Albana Awangrif (FEB), Lia Lesmawati (FH), Muh Asrori (FT), Yusakh Ivanovic (FT), Mega Puspta (FG), Ridwan Pamungkas (F Psi), Toyib (FAI), Muh Nur Andhiansyah (FIK), Sastya Fitri Khairunisa (FKG), Darul Izzatun Nisa (F Farmasi), Dewi Retno Pamudarsih ( FKI).

Sementara reviewer dari beasiswa IKA UMS ini terdiri dari para pengurus IKA UMS seperti Bambang Sukoco (Sekretaris), Suyatmin (Ka Bag ACEC), Mahasri Sobahiya (Kabagmawa bidang Kader) Yuli Priyono (Dekan FG), Isnaini Herawati (kaProdi Fisioterapi), Suharjianto (Ka Prodi PAI), Totok (Prodi Gizi) dan Sarjito (Ketua IKA-UMS).

Ditambahkan Sarjito, selain penandatanganan kontrak untuk mahasiswa penerima beasiswa, IKA UMS juga akan segera melaunching program pendanaan skripsi mahasiswa akhir. Program ini dimaksudkan untuk memberi stimulan kepada mahasiswa agar lebih cepat dalam melaksanakan proses studi. (Rahman)