Ikuti MTQ Mahasiswa Tingkat Nasional, Delegasi UMS Boyong Dua Kemenangan

Dikirim oleh ridlo pada Kam, 08/08/2019 - 08:35
lomba-mtqnasional

Prestasi cemerlang kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di kancah nasional. Kali ini, giliran UKM Mahasiswa Pecinta Al-Qur’an menambahkan daftar prestasi mahasiswa UMS. Sebanyak 16 peserta, mengikuti ajang MTQ Mahasiswa Nasional XVI tahun 2019 di Universitas Syiah Kuala Aceh, pada tanggal 28 Juli – 4 Agustus 2019. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tiap dua tahun sekali oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Ihsan Susanto salah satu perwakilan kontingen UMS, berhasil menjadi pemenang Terbaik I kategori Musabaqah Hifzhil Qur’an 20 Juz Putra. Dirinya merupakan Ketua Departemen Hafidz UKM MPQ UMS dan mahasiswa aktif program studi Ilmu Qur’an dan Tafsir Fakultas Agama Islam semester 4. Kemudian disusul oleh Muhammad Mujaddidi Wibowo Ketua Departemen Pembelajaran dan Pengkajian Al-Qur’an juga mendapatkan prestasi terbaik V kategori Musabaqah Hifzhil Qur’an 30 Juz Putra.

Cabang perlombaan yang diikuti kontingen UMS pada acara tersebut adalah Tahfidz 10 Juz putra & putri, 20 Juz Putra, 30 Juz Putra. Kemudian selanjutnya ada desain aplikasi Al-Qur’an 2 orang, debat bahasa arab dan Inggris 2 orang, Kaligrafi Kontemporer putra dan putri, Kaligrafi dekorasi dari putra, Tartil putra dan putri, dan tilawah dari peserta putri.

Saat ditemui pada Selasa (6/8/2019) Ihsan Susanto dan Muhammad Mujaddidi Wibowo menjelaskan jika selama ini UMS mensuport kontingen yang bertolak ke Banda Aceh. “kami didampingi oleh 3 orang sebagai official dari UMS, yaitu Bisrul khafidz, Bu Mufida dan Bu Mahasri” lengkap Ihsan.

Secara umum, Perguruan Tinggi yang mengikuti kegiatan ini sejumlah 179 kontingen. Selain perlombaan, serangkaian acara tersebut diisi dengan seminar keagamaan, Pentas budaya yang memperkenalkan, bazar dan haflah yang dibawakan oleh qori-qori internasional.

“Saya tidak menyangka, bisa dapat hasil seperti ini. Karena in pegalaman pertama saya mengikuti lomba, dan langsung ditingkat nasional. Saya berharap kedepannya UMS punya regenerasi yang lebih baik lagi, karena ajang serupa akan ada lagi diwaktu yang akan datang” ujar Mujaddidi.

Mujaddidi menambahkan, jika keikutsertaan UMS dalam MTQ MN sudah yang kedua kalinya, pertama kali UMS mengitimkan mahasiswanya ditahun 2017. “Ini juga yang kedua kalinya, UMS ikut ya, tapi Alhadulillah meskipu baru awal bergabung sudah bisa menorehkan prestasi” jelasnya.

Selesai mengikuti MTQ MN ke XVI, UKM MPQ UMS merencanakan akan lebih matang lagi unutk mempersiapkan ajang perlombaan yang akan datang. Karena keunggulan dalam bidang keislaman dan keilmuan menjadi corak tersendiri yang melekat pada UMS. (Risqi)