Jaring Pesilat Muda, TS UMS Adakan Kejuaraan Fakultas

Dikirim oleh ridlo pada Sab, 12/15/2018 - 08:24
kejurfak2018

Tapak Suci Putra Muhammadiyah Unit 003 Universitas Muhammadiyah Surakarta (TS UMS) adalah salah satu ortonom Muhammadiyah yang ada di UMS. Pada hari Kamis (13/12/2018), organisasi seni bela diri khas Indonesia tersebut menggelar Kejuaraan Antar Fakultas UMS. Berlangsung selama satu hari, 68 anggota baru Tapak Suci UMS dipertandingkan di Hall masjid Fadlurahman UMS.

Ketua Departemen 3 atau bidang pembinaan pencak silat dan prestasi TS UMS, Zaeni Alfakhurozi saat ditemui disela acara menjelaskan, tujuan dari kejuaraan ini untuk mempererat persaudaraan antar pesilat. Selain itu juga untuk mengevaluasi hasil latihan rutin anggota sebelumnya.

"kejuruaan ini untuk silaturahim antar anggota, serta untuk evaluasi latihan, hasil latihannya di uji di pertandingan ini" terangnya.

Kejuaraan lokal yang diadakan tiap tahun tersebut, juga diarahkan untuk menjaring atlet-atlet pencak silat terlatih. Pemenang kejuaraan nanti akan mendapat pembinaan lanjut, untuk disiapkan bertandang pada turnamen-turnamen luar kampus.

"Kami juga melakukan penjaringan atlet TS UMS, untuk turmamen yang akan datang. Dan tentu untuk menambah prestasi bagi anggota" lanjutnya.

Lanjut Zeni juga menjelaskan, jika di tahun sebelumnya kejuaraan tersebut bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UMS, namun kejuaraan antar fakultas tahun ini diinisiasi oleh TS UMS sendiri melalui pembinaan kemahasiswaan UMS.

"tahun lalu dinamakan PORSEMA kerjasama dengan BEM UMS, kami (TS UMS) sebagai panitia penyelenggara. tapi di tahun ini (2018) kami adakan mandiri, dibina oleh Bidang Kemahasiswaan" tandasnya.

Meskipun diikuti kebanyakan oleh pesilat pemula, tetapi kelincahan dan kemahiran dalam bertarung mereka tidak bisa pandang sebelah mata. Berawal dari sinilah, muncul para atlet pesilat Tapak Suci UMS yang mampu berlaga sampai tingkat nasional hingga kejuaraan Dunia. (Risqi)