Jawab Tantangan Public Relation, Himakom UMS Selenggarakan Seminar

Dikirim oleh ridlo pada Sab, 11/03/2018 - 08:37
seminar-himakom

Dimasa akhir Ujian Tengah semester (UTS) Gasal tahun ajaran 2018/2019, Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKOM) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), menyelenggarakan Seminar tentang Public Relation. Acara yang memiliki tema ‘Dare To Speak Well In Public and Relation’ ini dilaksanakan pada hari Sabtu (3/11/2018) di Auditorium Moh. Djazman UMS. Seminar ini menghadirkan dua pembicara profesional dalam bidang Public Relation. Kedua pembicara tersebut yaitu (1) Prof. Dr. Widodo Muktiyo, S.E., M.Com. sebagai pakar ilmu komunikasi, dan (2) Zahra Noor Eriza, S.I.Kom., M.M. yang juga sebagai praktisi ilmu komunikasi. Seminar tersebut tidak hanya diikuti oleh para mahasiswa ilmu komunikasi UMS, namun diikuti juga oleh mahasiswa diluar Fakultas Komunikasi dan Informatikan (FKI UMS), bahkan hadir juga peserta dari mahasiswa dari luar kampus UMS.

Banu Adzkar Ketua Panitia Seminar tersebut menyampaikan, tujuan diadakannya seminar Public Relation ini, untuk memfasilitasi mahasiswa ilmu Komunikasi supaya dapat belajar lebih mendalam terkait Public Relation dan Public Speaking. “Himakom ingin memfasilitasi temen-temen mahsiswa khsusnya ilmu komunikasi untuk menambah pengetahuan tentang Public Relation dan Public Speaking” ujar mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS tersebut.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan Program Studi (Prodi) ilmu Komunikasi UMS karena telah membantu mensukseskan seminar tersebut. “Alhamdulillah Prodi sangat membantu banyak yah dalam acara ini. Bimbingan, muatan materi, dana dan kami aktif berkomunikasi dengan Pimpinan Prodi” lanjutnya.

Sementara Prof. Dr. Widodo Muktiyo, S.E., M.Com. mengawali materinya dengan memberikan motivasi kepada para peserta. Dewan Kehormatan Badan Pengurus Pusat Perhubungan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) mengarahkan mahasiswa supaya harus memiliki perencanaan yang baik dan ideal untuk mencapai kesuksesan. Lanjut Wakil Rektor IV Universitas Sebelas Maret (UNS) tersebut dalam materinya menyebutkan bahwa ilmu Public Relation tidak hanya persoalan berbicara didepan umum saja, tetapi menurutnya Public Relation mencakup semuanya. “Cara berpakaian, perilaku, dan lainnya perlu dikuasa oleh seorang praktisi PR” Jelas mantan Kepala Humas UNS tersebut.

Selain itu, Zahra Noor Eriza, S.I.Kom., M.M. dalam kesempatannya mengisi materi, diawali dengan foto selfie bersama seluruh peserta. Sara Neyriza sapaan akrabnya, mengajarkan tentang tata cara public speaking yang baik. Dosen Ilmu Komunikasi itu juga menyebutkan bahwa kemampuan berbicara didepan umum bisa dilatih secara terus menerus, meskipun awalnya tidak memiliki bakat. “Bisa melakukan puclic speaking bukan karena bakat, tapi karena sering berlatih” jelas penyiar Radio Gesma FM itu. 

Seminar Public Relation ini juga dihadiri oleh Kepala Prodi Ilmu Komunikasi UMS yaitu Dr. Dian Purworini, M.I.Kom beserta jajaran dosen Ilmu Komunikasi UMS. Sebagai bentuk perhatian terhadap mahasiswanya, pimpina prodi dan para dosen tersebut mengikuti seminar dari awal hingga akhir. (Risqi)