Lihat Prestasi UMS, IKIP Siliwangi Ajak Kerjasama untuk Mengembangkan Perguruan Tinggi Swasta

Dikirim oleh ridlo pada Rab, 11/28/2018 - 08:47
mou-ikipsiliwangi

Selasa (27/11/2018) Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi Bandung (IKIP Siliwangi) singgah di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Kedatangan IKIP Siliwangi merupakan kunjungan akademik sekaligus rencana kerjasama untuk saling memajukan perguruan tinggi masing-masing. Kesepakatan kerjasama dilakukan di Ruang Sidang Badan Pembina Harian UMS (BPH UMS) yang ditandatangani oleh kedua rektor, Dr. Sofyan Anif, M.Si., Rektor UMS dan Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd., Rektor IKIP Siliwangi. Selain itu, prosesi tersebut turut disaksikan oleh Wakil Rektor I dan II UMS, serta jajaran Pimpinan dari IKIP Siliwangi.

Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. menerangkan bahwa ajakan kerjasama terhadap UMS ini supaya kedua isntansi tersebut bisa saling bekerjasama. Adapun isi kerjasama yang dilakukan anatara lain terkait bidang Penelitian dan Bidang Pengelolaan Perguruan Tinggi. Dengan adanya kerjasama ini, Rektor IKIP Siliwangi ingin mengikuti jejak perkembangan UMS serta Keduanya akan saling bekerjasama dan membantu dalam pengembangan Perguruan Tinggi Swasta.

“Kerjasama dalam beberapa hal, terutama dalam bidang penelitian, dalam bidang pengelolaan perguruan tinggi. Sealin itu kami juga ingin mengikuti jejak perkembangan yang telah dicapai UMS.” tandasnya.

Sementara Rektor UMS, menyampaikan bahwa UMS sangat terbuka dengan instansi Perguruan Tinggi lainnya demi bersama-sama memajukan Pendidikan di Indonesia. Keterbukaan untuk bekerjasama tersebut berguna untuk memperkuat networking UMS baik nasional maupun internasional. Apresiasi juga ditunjukan oleh Dr. Sofyan Anif, M.Si., terhadap perkembangan IKIP Siliwangi karena sejak 2017 silam telah berhasil status dari STKIP berubah menjadi IKIP. Terakhir Rektor UMS juga berharap IKIP Siliwangi bisa berkembang menjadi Universitas. 

“Tentu saya berharap semoga IKIP Siliwangi ini bisa menyusul menjadi Universitas” harap Rektor UMS.

Selain agenda penandatangan MoU tersebut, dengan bersama 47 orang terdiri dari Pimpinan dan Jajarannya, IKIP Siliwangi melakukan Sharing Discussion terkait tata kelola Perguruan Tinggi yang ada di UMS. Diskusi tersebut dipimpin oleh Wakil Rektor bidang Akademik UMS yakni Dr. Muhammad Da’i, M.Si. Apt. didampingi beberapa Kepala Biro dan Lembaga UMS. (Risqi)