Mahasiswa Baru 2019 UMS Ikuti Grand Opening Mentoring dan English Tutorial Program

Dikirim oleh ridlo pada Sen, 09/09/2019 - 15:25
go-mentoringetp-2019

Sebanyak kurang lebih 8.850 mahasiswa baru (maru) angkatan 2019 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengikuti Grand Opening Mentoring dan English Tutorial Program tahun 2019/2020 bertempat di Masjid Hj. Sudalmiyah Rais, Sabtu (7/9/2019) sejak usai sholat subuh.

Mentoring Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) sendiri, berada di bawah tanggungjawab Lembaga Pengembangan Pondok, Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LPPIK) UMS. Sementara English Tutorial Program berada di bawah kendali Lembaga Pengembangan Ilmu Dasar dan Bahasa (LPIDB). Dalam pelaksanaannya nanti, selama dua semester berturut-turut mahasiswa akan mengikuti mentoring AIK pukul 07.00 WIB, dilanjutkan kegiatan English Tutorial Program (ETP) pukul 08.40 setelah mentoring berakhir. Dua program ini rutin dilakukan setiap hari Sabtu difakultasnya dan didampingi oleh pementor AIK dan tutor bahasa Inggris.

Grand Opening yang diberi tema ‘Mengembalikan semangat Dakwah Rasulullah dalam mengajarkan Al-Qur’an dan Sunnah’ ini dihadiri oleh Rektor UMS yakni Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si. beserta para wakil rektornya. Selain itu, kebersamaan mahasiswa dilengkapi dengan tausiyah dari Dr. H. Untung Cahyono, M.Hum. selaku anggota Majelis Pendidikan Kader (MPK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Untung Cahyono dalam tausiyahnya menjelaskan, belajar bahasa merupakan kunci sukses dalam memahami ilmu. “Kegiatan kita hari ini adalah Grand Opening mentoring AIK dan ETP. Jadi belajar ilmu agama menjadi dasar, tapi ingat kita juga perlu belajar bahasa. Al-lughoh miftakhul ilmu” terangnya saat di hadapan para mahasiswa.

Lanjut Untung, bahasa yang perlu dipelajari mahasiswa minimal bahasa Arab dan Inggris. “Ketika adik-adik ingin mendalami Al-Islam yang sumbernya dari alqur’an dan sunnah tentu menjadi mutlak perlu menguasai bahasa arab. Kemudian penguasaan bahasa inggris untuk bersaing di kancah Internasional,” lengkapnya.

Di tengah kegiatan ini, disisipkan pelantikan pengurus Koordinator Mentoring Pusat (KMP) periode 2019/2020. Para pengurus berasal dari mahasiswa aktif UMS, merekalah yang akan mengelola kegiatan mentoring AIK di UMS selama satu periode membawahi Koordinator Mentoring Fakultas (KMF). (Sonjaya)