Mahasiswi POR UMS, Catatkan Prestasi Internasional di India

Dikirim oleh ridlo pada Rab, 10/10/2018 - 08:31
por-perunggu-india

Dela Kusumawati, mahasiswi Pendidikan Olahraga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (POR FKIP UMS) yang mengikuti kejuaraan Pencak Silat bertajuk Invitation 4th Asian Pencak Silat Championship 2018 yang diselenggarakan di India, sukses mencatatkan prestasi dikancah Internasional dengan kalungan medali perak. Kejuaraan tersebut berlangsung selama lima hari sejak tanggal 30 September hingga 4 Oktober 2018.

Gadis kelahiran Wonogiri ini telah membuktikan kemampuannya untuk bersaing dalam memperebutkan gelar juara dengan lawan dari berbagai negara-negara di Asia. Dela dapat mewakili Indonesia dalam ajang tersebut karena sebelumnya menjuarai POMNAS (Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional) pada tahun 2017 di Makassar. Oleh karena itu Dela diberikan kesempatan tiket otomatis untuk bertanding dalam kejuaraan Internasional tersebut.

Dalam menjuarai event tersebut, Dela harus berjuang keras untuk mengalahkan lawan-lawan yang kuat. Pada babak penyisihan, Dela mengalahkan pesilat dari Malaysia, Siti Sazwana yang pada tahun lalu menjuarai gelaran Sea Games 2017. Sementara itu pada babak semifinal, Dela berhasil menaklukan pesilat dari tuan rumah, India dengan skor yang telak 5-0. Sorak sorai dari penonton dan dukungan dari teman-teman sesama pesilat membuat motivasi tersendiri dalam mengalahkan setiap lawan yang dihadapi.

“Sayang sekali pada partai puncak aku kehilangan point setelah bertarung sengit dengan pesilat asal Vietnam, Thi Loan Hoang. Sehingga aku harus mengakui keunggulan pesilat asal Vietnam tersebut,” ujar Dela.

Dela mengaku untuk dapat merenggut gelar juara ini dibutuhkan latihan rutin dan kerja keras. Mulai dari sebelum dan sesudah pemanggilan atlet dari PB IPSI terkait dengan kejuaraan ini. Ditambah dengan program Minat Bakat Olahraga (MBO) Pencak Silat yang dilakukan oleh program studi POR FKIP UMS sendiri. Dela menuturkan bahwa berkat dukungan dari teman-teman dan keluarga dia berhasil meraih medali perak ini, perolehan medali ini sudah sesuai targetnya.

Kaprodi POR, Nur Subekti M.Or sangat mengapresiasi hasil prestasi yang diperoleh Dela dan berharap menjadi motivasi mahasiswa lainnya untuk dapat berprestasi lagi baik di kancah nasional dan internasional. “Hasil rentetan juara yang diraih oleh mahasiswa kami ini dapat membuktikan bahwa, Mahasiswa POR FKIP UMS mempu bersaing dengan mahasiswa dari Pendidikan Olahraga di Universitas Lain,” tandasnya.

Selain itu, melalui bagian kemahasiswaan UMS akan memberikan sebuah reward atau penghargaan berbentuk insentif dan juga memberi tambahan nilai dalam mata kuliah yang ada di prodi POR FKIP UMS. (Syahriandi)