Melalui Bazar Kuliner, KOPMA UMS Tumbuhkan Jiwa Wirausaha

Dikirim oleh ridlo pada Rab, 09/26/2018 - 09:03
expo-kopma

Berwirausaha merupakan tantatangan tersendiri bagi mahasiswa. Jiwa berwirausaha dikalangan mahasiswa perlu dikembangkan dilingkungan kampus dengan cara masa kini. Contohnya seperti kegiatan Bazar Kuliner yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Koperasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UKM KOPMA UMS). 

Bazar Kuliner diselenggarakan mulai hari Rabu hingga Kamis (26-27/9), bertempatkan di Taman Utara Uditorium Moh. Djazman kampus 1 UMS. Untuk kegiatannya sendiri, dimeriahkan dengan penampilan-penampilan musik akustik dan games berhadiah, dibuka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB bazar selalu ramai pengunjung.

Kegiatan Bazar kuliner tahun ini menganggkat tema ‘Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan dalam Kreasi Kuliner Masa Kini’. Acara semacam ini sudah dilakukan kedua kalinya oleh KOPMA UMS. Eko Wahyu Yulianto selaku ketua panitia bazar  menuturkan, tujuan dari adanya bazar kuliner ini untuk mengembangkan minat berwirausaha bagi masyarakat pada umumnya dan mahasiswa pada khususnya. “Tujuan acara ini untuk mengembangkan minat berwirausaha bagi mahasiswa,” ungkap Eko. 

Melanjutkan, Eko yang juga Anggota Kopma UMS menjelaskan Bazar Kuliner tahun ini terdapat 17 stand yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. “Ada 17 stand menjual makanan dan minuman. Contohnya produk yang dijual seperti Thai chi, Takoyaki, Teh Tarik, Thai Tea dan macem-macem” lengkapnya. 

Stand kulinr dalam bazaar ini disi oleh masyarakat umum dan juga mahasiswa yang memiliki minat berwirausaha. “Pengisi Standnya ada masyarakat umum dan ada empat stand yang dari mahasiswa” ujar ketua panitia Bazar Kuliner KOPMA UMS tahun 2018.

Terakhir Eko berharap mahasiswa perlu merubah pola pikir, dari awalnya melamar pekerjaan dirubah membuka lowongan pekerjaan dengan cara berwirausaha. Mahasiswa juga dituntut untuk jelih membaca peluang usaha yang ada disekitarnya. “Kami berharap, mahasiswa harus mau berwirausaha, mampu membaca peluang usaha sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan” tandasnya.

Selain itu, Bazar Kuliner ini diselenggarakan dalam rangka menyambut hari Jadi KOPMA UMS yang ke 36 tahun. Tepat pada kamis malam (27/9) akan diadakannya acara Milad KOPMA UMS di Auditorium Moh. Djazman UMS. (Risqi)