Melalui Kegiatan Expo 2018, UMS Perkenalkan Seluruh UKM

Dikirim oleh ridlo pada Sen, 08/27/2018 - 14:02
expo-ukm-2018

Expo Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan salah satu rangkaian kegiatan penyambutan mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Kegiatan ini ditujukan untuk memperkenalkan seluruh UKM kepada 8.997 mahasiswa baru yang telah diterima di UMS.

Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan Edupark UMS tersebut dilaksanakan selama 2 hari, Senin – Selasa (27/8/2018). Pada hari pertama, pembukaan expo UKM tersebut dihadiri langsung oleh Rektor UMS, Dr. Sofyan Anif, M.Si dan Bupati Karanganyar, Drs. Yuliatmono, MM.

Dr. Sofyan Anif, M.Si menyampaikan ucapan selamat kepada para mahasiswa baru yang telah bergabung dengan UMS. Selain itu dia juga menyampaikan bahwa di UMS para mahasiswa diharapkan dapat menggembleng diri mereka sekaligus menerima transfer ilmu. "Diharapkan nanti anda akan bisa menggembleng watak, karakter, dan sekaligus anda akan melakukan transfer knowledge atau ilmu pengetahuan dan kemudian kita kembangkan yang kemudian untuk memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara ini agar berkembang lebih baik ke depan," ucapnya.

"UMS yang selama ini telah memberi prestasi yang hebat, itu harus betul-betul anda gunakan waktu selama kurang lebih 4 tahun ini tidak hanya sekedar belajar, tapi sekaligus mencari pengalaman sebanyak-banyaknya yang terkait dengan pengembangan softskill," imbuhnya.

Hal itu dikarenakan ke depan untuk menentukan seorang sukses dan tidaknya, alumni bisa berhasil dan tidaknya, tidak hanya ditunjukkan dengan nilai atau IPK. Akan tetapi kesuksesan tersebut juga ditunjukkan oleh softskill yang mereka miliki.

Dalam expo UKM tersebut, seluruh UKM di lingkungan UMS mempresentasikan softskill yang telah mereka miliki di hadapan para mahasiswa. Softskill tersebut sangat beragam, mulai kegiatan non akademis seperti olahraga, gerakan kepanduan, beladiri, hingga kegiatan yang berhubungan dengan akademis.

Selain itu, mereka juga menampilkan beberapa gerakan dance yang dilakukan bersamaan. Bahkan para mahasiswa yang menjadi peserta dalam expo itu juga turut serta untuk melakukan dance bersama para anggota UKM.

Selain itu, Drs. Yuliatmono, MM juga sempat memberikan sambutan dalam expo UKM yang digelar oleh UMS itu. Dalam sambutannya dia mengajak para mahasiswa untuk meneguhkan niatnya dalam menempuh masa depan di kampus swasta terbaik di Indonesia.

"Kami mengajak untuk meneguhkan niatnya bahwa Allah SWT telah menempatkan anda semua menjadi orang hebat di masa yang akan datang di UMS. Kami meyakini itu karena masa depan tentu harus disongsong dengan penuh semangat, dan Allah menunjukinya dan merencanakannya melalui UMS," ungkapnya. (Khairul)