Melalui Rembugnas FGM, MPDM PP Muhammadiyah Tingkatkan Kualitas Guru

Dikirim oleh ridlo pada Sab, 11/10/2018 - 08:44
rembugnas-forumguru

Peningkatan kualitas guru menjadi salah satu aspek yang sangat diperhatikan oleh Muhammadiyah. Pentingnya peningkatan kualitas tersebut mendorong Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat (MPDM PP) Muhammadiyah melalui Forum Guru Muhammadiyah (FGM) menggelar acara Rembug Nasional (Rembugnas).

Acara yang dibuka di Auditorium Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan dilaksanakan selama 3 hari, Jumat – Minggu (9-11/11/2018). Peserta dari kegiatan tersebut berasal dari perwakilan Guru Muhammadiyah yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Terhitung, untuk jumlah peserta yang mengikuti Rembugnas FGM ini seitar 483 peserta.

Ketua FGM, H. Pahri, S.Ag., MM menjelaskan bahwa tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini agar nantinya guru Muhammadiyah dapat menjadi guru yang unggul, mencerahkan, dan berkemajuan salah satunya dalam hal teknologi informasi.

“Jadi kita berharap dengan dilaksanakannya rembug nasional Forum Guru Muhammadiyah ini agar guru-guru Muhammadiyah menjadi guru yang unggul, guru yang berkemajuan, dan guru yang mencerahkan. Selain itu, kita berharap guru-guru Muhammadiyah itu juga senantiasa update terhadap perkembangan-perkembangan zaman terutama terhadap perkembangan teknologi informasi terkini. Agar guru-guru Muhammadiyah tidak tertinggal,” ungkapnya ketika diwawancarai.

Agar para guru dapat mencapai hal tersebut, maka mereka tidak hanya berfokus untuk meningkatkan pembelajarannya saja, namun juga mulai menanggalkan model pembelajaran yang lots, law, and height order thinking skill. Disamping itu guru-guru Muhammadiyah harus tetap semangat untuk menjadi yang terdepan dalam kemajuan pendidikan anak-anak bangsa Indonesia.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Dr. H. Haedar Nashir, M.Si menjelaskan bahwa melalui kegiatan seperti ini diharapkan para guru juga dapat saling membangun komunikasi. Hal ini untuk mendukung kualitas pendidikan yang ada di Indonesia. Sebab kualitas pendidikan di negara ini akan maju jika gurunya juga maju.

“Guru Muhammadiyah atau guru Indonesia secara keseluruhan itu akan bisa membangun komunikasi mengatasi kesulitan bersama serta maju bersama. Soal kualitas, jujur Indonesia itu maju jika gurunya maju. Jika gurunya sejahtera, dan gurunya betul-betul menjadi pendidik. Kalau kita ingin menjadi negara yang unggul itu memang harus dari guru,” jelasnya.

Sehingga Ketua Umum PP Muhammadiyah berharap dengan diselenggarakannya Rembugnas FGM ini dapat mempertemukan para guru di lingkungan Muhammadiyah untuk membangun jaringan. Selain itu, dari sisi kualitas guru juga dapat mengalami proses peningkatan yang signifikan. (Khairul)