Mencetak Kader Pramuka Melalui KMD

Dikirim oleh ridlo pada Jum, 06/29/2018 - 11:13
kms-prodi-pgsd

Guna mencetak Pembina Pramuka tingkat Dasar, program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan pelatihan Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD). Dalam pelaksanaan pelatihan tersebut bekerjasama dengan Racana Ki/Nyi Ahmad Dahlan UMS (Pramuka UMS), dimana pelatihan Kursus Mahir Dasar sendiri juga menjadi program kerja (proker) dari pengurus Pramuka UMS ditahun 2018.

Hikmat Tiyar selaku Ketua Dewan Racana UMS tahun 2018 menjelaskan bahwa KMD ini perdana diselenggarakan di UMS “KMD ini selalu masuk dalam proker ditahun-tahun sebelumnya, namun baru terealisasi kali ini”. Pelatihan yang diselengarakan pada tanggal 29 Juni – 04 Juli 2018 tersebut diikuti oleh Mahasiswa/i program studi PGSD UMS semester 6 sebanyak 160 peserta. Output kegiatan KMD tersebut nantinya mahasiswa lulusan PGSD UMS ketika sudah mengajar disekolah, bisa menjadi Pembina Pramuka ditempat ia mengajar. 

Selama 6 hari pelatihan, peserta akan mendapatkan materi baik didalam ruangan maupun lapangan. “Model kegiatannya, Selama 3 hari pertama peserta mendapatkan materi diruangan dari jam 07.00 sampai 17.30 WIB. Dilanjutkan 3 hari selanjutnya, peserta melakukan perkemahan dilapangan serta mempraktekan semua materi yang sudah didapat sebelumnya disesi ruang” ujar Ketua Dewan Racana UMS.

Tepat pada hari Jum’at (29/06), pembukaan Kursus Mahir Tingkat Dasar 2018 dilaksanakan di Ruang Seminar lantai 7 Gedung Induk Siti Walidah UMS. Upacara Pembukaan tersebut dihadiri oleh Pembina Racana UMS, Kaprodi. PGSD UMS dan Jajajaran Kwartir Cabang Pramuka Sukoharjo sekaligus membuka jalannya acara.

Sebelumnya peserta sudah mendapatkan Mata Kuliah Kepramukaan dan Ke-HW-an, Kursus Mahir Tingkat Dasr menjadi salah satu tindak lanjut dari mata kuliah tersebut. Kepala Program Studi PGSD UMS yaitu Nur Amaliah, M.Teach. berharap melalui pelatihan ini Mahasiswanya dapat meningkatkan keterampilan dan mental yang tangguh. “Jadi dari prodi berharap ketika mahasiswa nanti sudah lulus dan mengajar disekolah menjadi guru, mereka sudah dibekali keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan. Selain itu  dapat meningkatkan kemampuan untuk bersosialisasi dan memiliki moral serta karakter yang lebih teguh, kuat dan berjiwa Pancasila”. Prodi PGSD UMS berencana akan melaksanakanya rutin setiap tahun. “Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Kwarcab. Sukoharjo, Sehingga kedepannya rutin akan kami adakan setiap tahun” pungkasnya. (Risqi/Khairul)