Meningkatkan Kreatifitas Mahasiswa Melalui Festival Drama

Dikirim oleh ridlo pada Jum, 07/06/2018 - 14:10
festival-drama

Mahasiswa Program studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menyelenggarakan pementasan teater bahasa Inggris ditahun 2018 ini. Acara dengan tajuk “English Festival Drama Week” ini dilaksanakan di Arena Teater Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) Surakarta.  Pagelaran teater tersebut dilaksankan selama lima hari berturut-turut, yaitu mulai hari Senin – Jum’at, 02 – 06 Juli 2018. Acara ini merupakan tugas akhir kuliah bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UMS semester 6 yang mengambil mata kuliah Drama selama satu semester.

Kegiatan tahunan tersebut pada kali ini mengangkat sebuah tema “Every moment matters”. Yasmin Ramadhan Prihatnanto Adi sebagai Ketua Panitia besar dalam acara ini menjelaskan bahwa arti dari tema kali ini memiliki harapan supaya momentum ini tidak pernah bisa terlupakan oleh semua pihak “ Dalam bahasa Indonesia artinya setiap momen itu berharga. Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2015 sudah mempersiapkan acara ini kurang lebih selama 6 bulan, jadi harapanya akan membuat kita terkenang dengan setiap momen perjuangan kita semua”.

Selama lima hari berturut-turut, setiap malamnya dipentaskan cerita yang berbeda. Ada lima kelas yang mementaskan drama pada tahun ini, dengan menampilkan cerita drama yang berbeda pula. Lanjut Yasmin menjelaskan, kelima kelas ini diberikan kebebasan memilih cerita yang akan ditampilkan kemudian dikonsultasikan dengan dosen pengampu mata kuliah drama. Cerita Romansa, Fabel, cerita Rakyat bahkan mengadopsi dari Novel-novel terkenal baik dalam negeri maupun luar negeri ditampilkan dalam festival drama tersebut. Yasmin menjelaskan Jumlah penonton dari hari pertama pementasan sampai hari keempat sudah mencapai 1000 penonton lebih.

Bapak Abdillah seagai salah satu dosen pengampu mata kuliah drama, mengapresiasi hasil kerja keras mahasiswanya. Dia juga sangat puas dengan penampilan mahasiswanya “Kinerja dari anak didik ini sangat bagus, kompak mulai dari awal persipan sampai pada pementasan. Apa yang mereka alami selama persiapan dan pelaksanaan drama ini semoga bisa menjadi pelajaran dan bermanfaat terutama nanti didunia kerja”.  Dia juga berharap festival drama bahasa Ingris ini menjadi salah satu program unggulannya Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris “saya berharap kegiatan ini menjadi icon dari Prodi Bahasa Inggris”. Ujarnya. (Risqi)