MTQ UMS Gelar Lomba Pencarian Bakat Bidang Keislaman

Dikirim oleh ridlo pada Sab, 01/05/2019 - 14:18
lomba-mtq

Unit Kegiatan Mahasiswa Musabaqoh Tilawatil Quran Universitas Muhammadiyah Surakarta (MTQ UMS) menggelar perlombaan ajang pencarian bakat di bidang keislaman. Kegiatan tersebut digelar di Gedung Siti Walidah UMS, Kamis (3/1/2019). 

Kegiatan tersebut mengambil tema "Membumikan Al Quran Sebagai Wujud Cinta Terhadap Syiar Rabbani". Wahid Fahmiza Azani selaku ketua panitia dalam lomba mencari bakat keislaman menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberi wadah bagi mahasiswa yang tertarik dalam bidang keislaman.

“Tujuan dari kegiatan ini disamping kita mencari bakat-bakat terpendam mahasiswa UMS itu, kita juga mempersiapkan mahasiswa agar berani tampil,” jelasnya.

Terdapat 5 cabang yang dilombakan dalam acara ini, di antaranya Tahfidz yang diikuti oleh 16 mahasiswa, Tartil diikuti oleh 32 mahasiswa, Tilawah diikuti 12 mahasiswa, Karya Tulis Ilmiah diikuti oleh 3 mahasiswa, dan Kaligrafi diikuti 3 mahasiswa. Sehingga total keseluruhan peserta dalam perlombaan ini sebanyak 66 mahasiswa.

Salah satu perlombaan yang langsung dapat disaksikan secara umum adalah lomba Kaligrafi yang dilakukan di depan ruang Kemahasiswaan UMS. Dalam lomba itu terlihat para peserta sangat antusias dalam membuat karya kaligrafi. Banyak peralatan yang mereka gunakan untuk berkarya, seperti pylox, cat air, spidol, hingga papan medianya.

Wahid juga menambahkan bahwa selain utuk mencari bakat mahasiswa UMS yang masih terpendam, kegiatan ini juga menjadi salah satu persiapan mereka dalam event nasional yang akan digelar dalam waktu dekat ini.

“Jadi event MTQ ini sebagai ajang pencarian bakat mahasiswa UMS. Sebenarnya dalam event MTQ ini kita mempersiapkan nantinya buat bisa diajukan ke nasional. Kan sebentar lagi ada event nasional,” tambahnya.

Selain itu, hegiatan ini juga dapat terlaksana karena adanya kerjasama dengan Bagian Kemahasiswaan UMS bidang Kaderisasi dan Dakwah. Rencananya pemenang dari perlombaan ini akan dipersiapkan untuk perlombaan tingkat Nasional. 

“Jadi kegiatan ini juga dilaksanakan atas permintaan dari Kemahasiswaan UMS, selanjutnya kami dari MTQ UMS yang menjadi pelaksana lombanya. Nantinya pemenang dari lomba ini akan dikirim untuk event nasional itu,” ungkap Wahid. (Khairul)