Peneliti UMS: Kembangkan Sumber Energi Alternatif Bioetanol Berbahan Limbah Organik

Dikirim oleh ridlo pada Sel, 08/16/2016 - 14:51
artikel-bioetanol

Selain memfasilitasi para mahasiswa dengan fakultas serta fasilitas, Universitas Muhammadiyah Surakarta juga menyadari pentingnya pusat studi untuk mengikuti perkembangan dunia, salah satu pusat studi yang dimiliki oleh UMS yaitu pusat studi energy alternative. Di pusat studi ini, energi alternatif diteliti oleh dosen dan mahasiswa, “Kami menggunakan limbah organik, seperti gabah, tongkol jagung untuk diteliti dan dibuat sebagai bahan bakar cair, yang fungsinya sama seperti bensin dan solar,” ujar Ibu Kusmiyati, kepala pusat studi energy alternatif.

Kusmiyati, ST,MT,PhD. merupakan dosen teknik kimia UMS yang memulai karirnya sejak tahun 1995. Ibu Kusmiyati memperoleh gelar strata satu dari Universitas Diponegoro tahun 1995, kemudian melanjutkan studi pada jenjang magister di tahun 1999 di Universitas Gadjah Mada, serta di tahun 2006 beliau mendapatkan gelar doktornya dari University Teknologi Malaysia. Kemudian, di tahun yang sama, 2006, bulan Oktober hingga November, Ibu Kusmiyati mengambil course di Sheffield University, Inggris. Setahun setelah kembali ke Indonesia, tahun 2007, beliau dipercaya sebagai kepala pusat studi energy alternatif UMS.

Sebagai seorang dosen, selain mendampingi para mahasiswanya untuk menempuh studi, Ibu Kusmiyati juga mengembangkan bidang keilmuannya, salah satunya dengan menulis jurnal publikasi. Di tahun 2016, Ibu Kusmiyati telah menyelesaikan tiga judul jurnal, yaitu “Removal of vertigo blue dyes from Batik textile wastewater by adsorption onto activated carbon and coal bottom ash”“Bioethanol production from iles iles (amorphopallus campanulatus) flour by fermentation using zymomonas mobilis”, dan “Waste fish oil biodiesel and its performance in diesel engine”.

Selain menulis jurnal, Ibu Kusmiyati juga terlibat aktif dalam penelitian, seperti penelitian yang berjudul “Produktifitas polong trembesi (Samanea Saman) pada pembuatan bioethanol menggunakan Saccaromyces cerevisiae, Zimomonas mobilis dan Pichia sp” berhasil beliau selesaikan di tahun 2016. Kemudian penelitian lainnya yang dimulai tahun 2016, mengambil judul “Pengembangan Teknologi Bioetanol dari Limbah Kayu dengan Perlakukan Awal Steam Explosion yang Difermentasi dengan Zymomonas mobilis dan Pichia sp.” Diproyeksikan akan selesai tahun 2018.

Di tahun 2010, Ibu Kusmiyati melakukan pengabdian masyarakat yang dibiayai oleh Rumah Sakit Klaten dan berperan sebagai ketua tim, dengan judul pengabdian “Pembangunan Instalasi Pengolahan Limbah Rumah Sakit di Klaten. Di tahun yang sama juga Ibu Kusmiyati bertindak sebagai ketua dalam pengabdian yang berjudul “Pemberdayaan Organisasi Masyarakat Setempat OMS Energi TeloDalam Pengembangan Energi Alternatif Pengganti BBM Di Kabupaten Wonogiri” yang dibiayai oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Setahun kemudian, tahun 2011, Ibu Kusmiyati memperoleh Hak Kekayaan Intelektual dari Kompor Batik Berbahan Bakar Bioetanol.

Sejak 2013 hingga 2015, Ibu Kusmiyati telah menulis buku berjudul Kinetika Reaksi Kimia Teori dan Soal Penyelesaian, Kinetika Reaksi Kimia Dan Reaktor (Teori Dan Soal Penyelesaian Dengan SCILAB) dan Reaktor Kimia , Teori Dan Soal Penyelesaian berturut-turut. Ibu Kusmiyati juga beberapa kali memperoleh penghargaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di antaranya, pada tahun 2013, beliau mendapat penghargaan sebagai Pembimbing Mahasiswa PIMNAS di Lombok. Setahun kemudian, 2014 penghargaan sebagai Penyaji Terbaik Seminar Hasil Penelitian Kompetitif Nasional RAPID, Yogyakarta. Di tahun 2015, Penghargaan Buku Ajar Dikti beliau dapatkan.

Tak hanya berperan sebagai dosen, dan peneliti, beliau juga kerap menjadi narasumber di workshop, seperti menjadi narasumber pada kegiatan Aplikasi Software Scilab dalam Perancangan Pabrik Kimia di Teknik Kimia Univ Setia Budi Solo, Juni 2016, Sosialisasi tentang Peran Energi Alternatif Dalam Mengatasi Krisis Energi di Talk show di MTA TV Surakarta, September 2015 dan Workshop hibah penelitian Rispro LPDP Depkeu di Fak Teknik UMS, 10 April 2015. (Lidya)