Pelayanan Pendaftaran Mahasiswa Baru UMS Telah Dibuka Kembali Usai Libur Lebaran

Dikirim oleh ridlo pada Sel, 06/11/2019 - 08:22
ods-setelahlebaran

Para calon pendaftar mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sudah bisa dilayani kembali seusai libur Lebaran Idul Fitri 1440 H. Pelayanan pendaftaran sistem One Day Service Penerimaan Mahasiswa Baru (ODS PMB) UMS telah dibuka sejak Senin (10/6/2019) kemarin.

Para calon pendaftar bisa datang ke Gedung Induk Siti Walidah saat jam kerja. Meskipun untuk proses belajar mengajar di Kampus UMS belum dimulai dan masih diliburkan. “Namun untuk pelayanan PMB sudah dibuka kembali sejak tanggal 10 Juni,” ungkap Ketua PMB UMS, Dr Triyono.

Dari data di ODS, hingga saat ini, jumlah calon mahasiswa baru yang telah mendaftar di UMS telah mencapai lebih dari 9.057 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 5.222 calon mahasiswa telah diterima. Akan tetapi yang telah melakukan registrasi berjumlah 4.250 orang.

Triyono mengungkapkan kesiapannya menerima calon mahasiswa baru UMS termasuk memanfaatkan libur lebaran bagi SMA sederajat. Momentum libur lebaran seperti saat ini dapat mereka gunakan untuk mendaftar di kampus UMS.  “Momentum libur lebaran, bisa dimanfaatkan calon mahasiswa baru mendaftar di UMS,” paparnya.

Dia juga menjelaskan bahwa hasil seleksi dapat diketahui saat itu juga, sehingga calon mahasiswa baru tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui hasilnya. Selain itu, calon mahasiswa baru yang telah mendaftar test memiliki kesempatan untuk melakukan test sebanyak tiga kali. “Tidak perlu berkecil hati jika test pertama belum lolos, masih ada kesempatan untuk mengulang. Setiap pendaftar berhak test tiga kali,” jelasnyalagi.

Kesempatan untuk dapat menjadi bagian dari mahasiswa UMS tahun ajaran 2019/2020 rencananya akan ditutup pada bulan Agustus 2019 mendatang. Akan tetapi, setiap program studi (prodi) nantinya dapat menutup pendaftaran apabila kuota telah mencukupi.

Disamping itu, passing grade untuk masuk ke setiap prodi tujuan berbeda-beda. Passing grade ini dapat dilihat pada papan di depan ruang test ODS PMB yang terletak di lantai 2 Gedung Induk Siti Walidah UMS. Passing grade tersebut juga dapat berubah sewaktu-waktu menyesuaikan dengan mahasiswa yang telah diterima.

Bagi calon mahasiswa baru yang berkeinginan untuk mendaftar di kampus UMS dapat langsung datang ke lokasi pendaftaran setiap Senin – Sabtu, mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Alur pendaftaran dan syarat-syarat yang diperlukan dalam mendaftar juga telah disertakan dalam map yang nantinya dibagikan kepada calon mahasiswa baru yang telah mendaftar, sehingga memudahkan prosesnya. (Khairul)