Penerimaan Gaji ke-13 dan THR UMS 2018

Dikirim oleh ridlo pada Kam, 05/31/2018 - 13:05
rwr2

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) telah mempersiapkan SK Rektor tentang gaji ke-13 tahun 2018 tertuang dalam surat keputusan Rektor nomor 61/VII/2018. Tentang pemberian gaji 13 tahun 2018. UMS telah menganggarkan gaji ke 13 ini sebesar 4,5 Milliard rupiah, yang rencana pencairannya akan dilaksananakan sehabis lebaran 1439H.

Pemberian gaji ke 13 akan diberikan kepada pegawai tetap maupun pegawai kontrak, OS dilingkungan UMS yang besarannya bervariasi. Bagi pegawai tetap gaji ke 13 akan diterima sebesar penerimaan bulanan kotor (take home pay), sedang untuk pegawai tidak tetap, kontrak, OS ditentukan dengan besaran yang diatur tersendiri dan penyampaianya melalui mitra UMS. Pemberian gaji ke 13 ini diberikan bukan semata mata meniru PNS namun ini sudah rutin didasarkan pada kemampuan institusi sendiri. 

Pemberian gaji ke 13 bagi PNS dilingkungan UMS, dikarenakan pemerintah juga telah menyiapkan pemberian gaji ke 13 bagi PNS, maka UMS tidak akan memberikan secara utuh atau hanya sesuai penghasilan lebih misalnya sebagai struktural. Pemberian dimaksud bersifat tali asih yang besaranya tidak utuh seperti pegawai yayasan supaya tidak doble funding. Hal ini untuk menghindari ketimpangan yang begitu besar antara pegawai yayasan dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) di dilingkungan UMS. 

Disamping gaji ke 13, UMS juga telah menyiapkan tunjangan hari raya (THR) untuk musim lebaran tahun 1439 H/2018M. Anggaran telah disiapkan Wakil Rektor bidang keuangan sebesar 4.3 Milliard. Pemberian THR di UMS diatur dengan besaran bagi pegawai tetap mengacu pada take home pay namun untuk menghindari kesenjangan yang besar antar pegawai, dan agar memberikan makna kegembiraan di hari raya, dibuat saling subsidi silang. Artinya yang golongan tinggi dan berpenghasilan tinggi memberikan subsidi bagi yang golongannya rendah dan sebaliknya. Adapun rincian THR adalah gol I =125% gaji kotor (take home pay), gol II=100% take home pay, Gol III = 80% take home pay dan gol IV sebesar 70% take home pay. Dengan begitu diharapkan semua bisa menikmati lebaran bersama dengan senang. 

Tunjangan hari raya juga akan diberikan tidak hanya bagi pegawai tetap, tetapi juga untuk pegawai tidak tetap yang besaranya diatur secara khusus sesuai kemampuan Universitas. Bahkan bagi dosen tidak tetap (DTT), dosen emiritus dan relasi UMS, serta PNS akan mendapatkan THR meskipun hal ini bersifat menyambung tali silaturahmi, dan sebagai ungkapan terimakasih UMS kepada semua pihak yang telah ikut membantu membesarkan UMS berapa persen pun kontribusinya. 

Jadi InsyaAllah di bulan Juni 2018 para pegawai akan menerima 3 kali gajian, yaitu THR, gaji 13 dan gaji bulan Juni. Namun, untuk pertimbangan balancing anggaran universitas, dan agar semua gaji tidak habis saat lebaran, apalagi biasanya awal tahun ajaran, masing-masing keluarga sangat membutuhkan anggaran pendidikan ekstra untuk anak-anaknya, maka kemungkinan gaji 13 akan disesuaikan dengan aturan pemerintah yaitu diterimakan pada awal tahun ajaran baru 2018/2019. 

Akhirnya kami ucapkan selamat menunaikan Ibadah puasa, semoga Allah memberikan ampunan. Dan selamat menyongsong Iedul Fitri 1439H. Mohon maaf lahir dan bathin. Taqobalallohu minna waminkum. Taqobal yaa kareem