Perluas Hubungan Internasional, UMS Kirim Delegasi ke Aligarh Muslim University (AMU)

Dikirim oleh ridlo pada Kam, 04/25/2019 - 08:23
kerjasama-algarhuniversiti

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali memperluas hubungan internasional antar perguruan tinggi. Kali ini, UMS melakukan kunjungan ke Aligarh Muslim University (AMU), New Delhi, India untuk membahas kerja sama akademik di berbagai bidang pembelajaran.

Adapun delegasi yang dikirim ke AMU pada Rabu (24/4/2019) terdiri dari Wakil Rektor IV UMS, Dr. M. Abdul Fattah Santosa, Kepala Biro Kerjasama dan Urusan Internasional (BKUI), Dr. Supriyono, dan anggota fakultas UMS lainnya. Selain itu, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Indonesia, Ny. Lestyani Yuniarsih turut hadir pada kesempatan tersebut.

Dalam pertemuan kedua perguruan tinggi tersebut, AMU Pro Vice Chancellor, Prof. M H Beg berdiskusi panjang dengan delegasi UMS mengenai beberapa program akademik dan proyek penelitian yang sedang berlangsung di AMU dan UMS. Pro Vice Chancellor berbicara tentang status AMU sebagai lembaga dengan kepentingan nasional, yang menyebarluaskan pendidikan dan pengetahuan melalui berbagai departemen dan fakultas studi.

Selain itu, AMU Pro Vice Chancellor juga meyakinkan para tamu bahwa dengan adanya penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Kedutaan Besar Indonesia, hubungan antara AMU dengan UMS akan dimajukan.

Prof Arshi Khan, Koordinator, Komite Hubungan Internasional memiliki interaksi terperinci dengan delegasi untuk mengidentifikasi bidang-bidang yang menjadi kepentingan akademis bersama. Dia juga memberi tahu para delegasi tentang berbagai kegiatan akademik dan penelitian. 

Dalam kesempatan ini, Prof Khan menemani para delegasi ke berbagai departemen dan pusat universitas termasuk departemen komunikasi massa dan Perpustakaan Maulana Azad, di mana mereka berinteraksi dengan para guru, siswa, dan ilmuwan riset dari berbagai bidang. Delegasi tersebut menunjukkan minat untuk mengunjungi departemen dan pusat universitas untuk berinteraksi dengan anggota fakultas dan mahasiswa, serta membangun program pertukaran fakultas dan mahasiswa antara AMU dan UMS. (Khairul)