PGSD UMS Raih Prestasi LKTIN dan Essay Tingkat Nasional

Dikirim oleh ridlo pada Sen, 10/29/2018 - 10:46
pgsd-juara-lktin

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HMPGSD) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Tasikmalaya menggelar kegiatan PGSD FAIR ke-IV pada hari Sabtu – Minggu, 20-21 Oktober 2018. Lomba yang digelar di UPI Kampus Tasikmalaya ini melombakan empat kategori beringkat Nasional untuk mahasiswa yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN), Lomba Essay, Lomba Cerita Pendek (Cerpen), dan Lomba Speech Contest.

PGSD FKIP UMS mendelegasikan lima mahasiswa untuk mengikuti LKTIN yang terdiri atas 2 tim yaitu Efi Rusdiyani, Afrin Puspasari, Hafid Arosyid, Indah Susilowati, dan Fitria Bekti Nurhandayani. Lomba LKTIN ini mengangkat tema yaitu "Leading and Outstanding Primary School Education". Terdapat sepuluh finalis yang terseleksi mempresentasikan karyanya untuk merebutkan kejuaraan ini.

Melalui judul Jenius “The Ring Of Archipelago” Sebagai Media Melek Nusantara Kecakapan Abad 21, Tim pertama yang beranggotakan Efi Rusdiyani, Afrin Puspasari, Fitria Bekti Nurhandayani berhasil menyabet Juara III di bawah bimbingan dosen Muhammad Abduh, M.Pd.

Perolehan Juara I dan II di raih oleh mahasiswa UNY. Sementara itu, tim kedua PGSD yang beranggotakan Indah Susilowati, Hafid Arosyid, dan Efi Rusdiyani di bawah bimbingan dosen Almuntaqo Zain, M.Pd dengan judul karya “Tanoga Card Media Permaianan dan Edukasi TOGA (Tanaman Obat Keluarga) pada Siswa Sekolah Dasar” harus berbangga berada di posisi kelima.

Selain LKTIN, PGSD FKIP UMS harus berbangga dengan perolehan Juara I pada Lomba Essay yang diwakili oleh Efi Rusdiyani. Melalui penjurian secara online, mahasiswa ini keluar sebagai juara pertama dengan judul essay “Si Mas Kesel: Sinergi Masyarakat, Keluarga dan Sekolah sebagai Program Pendidikan Karakter yang Komprehensif” di bawah bimbingan dosen Muhamad Taufik Hidayat, M.Pd. 

Perolehan juara kedua berhasil di raih oleh Muhammad Elmas Fadlli Mahasiswa Telkom University dan juara III diraih oleh Muhammad Khalid, Mahasiswa Universitas Gadjah Mada. “Saya sangat bahagia, karena kali kedua mengikuti perlombaan essay dan memperoleh hasil yang sangat diluar ekspektasi” ujar Efi.

“Semoga perolehan prestasi ini dapat memecut semangat mahasiswa lainnya untuk bangkit dan menorehkan karya dan potensi yang dimiliki untuk PGSD yang bersinergi.” tambah Afrin. 

Semoga prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa PGSD dapat tertular dan menjadi motivasi mahasiswa lain untuk berprestasi demi mengangkat dan mengharumkan nama UMS khususnya FKIP UMS. (Afrin Puspasari)