PSM Voca Al Kindi Raih 3 Medali Emas diajang Internasional (BICF)

Dikirim oleh ridlo pada Sel, 07/31/2018 - 08:20
voca-al-kindi-bicf

Prestasi di tingkat internasional kembali lagi diraih oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Kali ini kebanggaan tersebut diraih oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Voca Al-Kindi. Dalam ajang Bali International Choir Festival (BICF) tersebut mereka berhasil menyabet 3 medali emas sekaligus, Selasa – Sabtu (24-28/7/2018).

Kejuaraan paduan suara tingkat internasional ini digelar di Prime Plaza Hotel Sanur Bali. Kejuaraan tersebut diikuti oleh 16 negara, di antaranya Korea, Venezuela, Korea, Malaysia, China, Filiphina, New Zealand, dan lain sebagainya. Dari PSM Voca Al-Kindi sendiri dalam ajang tersebut mengirimkan 40 mahasiswa, yang terdiri dari 37 singer, 2 official, dan 1 conductor.

Windy Aprilia Putri Wibowo selaku Wakil Ketua Umum PSM Voca Al-Kindi mengungkapkan bahwa mereka baru pertama kali ini mengikuti kompetisi tingkat internasional. Meski begitu, mereka berhasil meraih 3 medali emas dalam kategori Pop & Jazz Competition yang diikuti 11 tim, Folklore Competition yang diikuti oleh 25 tim, dan Folklore Championship yang diikuti oleh 12 tim.

Windy menjelaskan khusus untuk kategori Folklore Championship terdapat syarat agar dapat berkompetisi di level tersebut. Pertama, peserta dapat langsung mendaftar pada kategori ini dengan persyaratan khusus dari panitia. Kemudian yang kedua, peserta dapat ikut berkompetisi di kategori ini apabila dalam kelas competition mereka mendapat poin di atas 33,01.

Dalam kategori Folklore Competition, PSM Voca Al-Kindi berhasil meraih poin sebesar 34,23. Hasil tersebut mengantar mereka untuk ikut beradu di tingkat competition. Dijelaskan pula oleh Windy bahwa yang berhasil ikut di kategori ini melalui seleksi poin tersebut hanya 7 tim dari 25 tim. Sedangkan 5 tim lainnya mendaftar langsung sebagai peserta Kategori Folklore Championship.

Dia juga mengungkapkan bahwa perjuangan PSM Voca Al-Kindi hingga memperoleh prestasi tersebut cukup panjang. “Jadi kami mendaftar kompetisi tersebut pada bulan Februari. Nha setelah itu kami berlatih biasa sebanyak 3 kali dalam seminggu hingga H-7 lebaran kemarin. Kemudian H+7 lebaran kami masuk lagi dan berlatih secara intensif setiap hari hingga menjelang kompetisi itu,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Kurniawan Novianto selaku Ketua Panitia dari tim PSM Voca Al-Kindi juga menceritakan keberangkatan mereka menuju ke lokasi kometisi itu. Mereka berangkat dari UMS sejak Senin (23/7/2018) pukul 01.00 WIB menaiki bus. Kemudian sampai lokasi Selasa (24/7/2018) pukul 09.00 WITA. Perubahan waktu dari WIB ke WITA mengharuskan untuk menyetel ulang jam yang mereka gunakan agar tidak terlambat.

Dia juga menerangkan bahwa pada hari pertama sampai disana mereka harus melakukan uji coba panggung. “Dalam uji coba panggung ini kita kebagian sore. Uji coba panggung itu kayak gladi. Jadi kita dikasih waktu untuk mempelajari panggung, mulai alur dari kita masuk sampai kita kompetisi, hingga kita keluar panggung,” terangnya.

Wakil Ketua Umum PSM Voca Al-Kindi sempat mengungkapkan harapannya kepada generasi penerus PSM ini, khususnya bagi mahasiswa baru yang ingin bergabung agar mereka mampu mempertahankan prestasi tersebut. Selain itu semoga mereka juga dapat membanggakan kampus UMS.

“Semoga teman-teman yang nanti bergabung, atau penerus Voca Al Kindi berikutnya mempertahankan dan semakin maju. Kan kita tahun ini sudah berani ke tingkat internasional, semoga nama Voca Al Kindi itu bisa membanggakan UMS. Terus anggota yang baru nanti bisa juga ikut berproses dan berkontribusi di PSM” ungkapnya. (Khairul)