PWI Road to Campus, Singgah di UMS

Dikirim oleh ridlo pada Kam, 09/27/2018 - 09:20
pwi-road-to-campus

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sebagai kampus terpercaya, kembali dipercaya sebagai tuan rumah dalam agenda-agenda besar. Kali ini UMS sukses menjamu tamu dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dalam program PWI Road To Campus. Pada hari Kamis (27/9) dalam kunjungannya, PWI menyelenggarakan Seminar Nasional yang bertempat di Auditorium Moh. Djazman UMS. Seminar yang mengusung tema ‘Yang Muda Yang Berkarya, Generasi Milenial Optimis Menatap Perubahan’ dihadiri kurang lebih 500 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa baik dari UMS maupun luar UMS.

Seminar Nasional ini memiliki daya tarik yang kuat karena mendatangkan para narasumber berpengalaman dan professional dalam bidang jurnalistik dan media. Narasumber pada acara ini antara lain (1) Meidyatama Suryodiningrat selaku Direktur Utama LKBN ANTARA; (2) Agung Yudha dari Twitter Indonesia; (3) Fikar R. Muhammad CEO ceknricek.com; dan (4) Agus Sudibyo sebagai Direktur Media Watch. 

Secara umum Pembicara Seminar kali ini menyampaikan materi literasi media dan tantangan generasi milenial supaya kreatif dan optimis dengan adanya fasilitas media masa kini. Pesan yang menarik dari Meidyatama Suryodiningrat yang juga wartawan senior kepada para peserta seminar, bahwa menjadi jurnalis diera digital dihimbau untuk selalu memverifikasi semua informasi, Cross Check dengan sumber terpercaya, jangan ikut menyebarkan hoax dan ujaran kebencian serta bertindak profesional di sosial media. 

Lanjut Direktur Utama LKBN ANTARA itu menjelaskan ada 4 tuntutan dasar pewarta yakni (1) Verifikasi; (2) Verifikasi; (3) Verifikasi; dan (4) Objektivitas. “tuntutan utama bagi pewarta itu verifikasi, verifikasi, verifikasi dan objektifitas” jelasnya.

Sementara Rektor UMS, Dr. Sofyan Anif, M.Si. memeberikan pesan moral dalam sambutannya, bahwa wartawan harus menunjukan profesionalitas, independen dan terintegritas. “Wartawan harus menunjukan jatidirinya untuk selalu bersikap professional, independen dan berintergritas,” ungkapnya. 

Seminar PWI Road To Campus dilaksanakan dalam rangka menyambut Kongres PWI ke XXIV yang akan digelar di Sunan Hotel Solo pada tanggal 27-30 September 2018. Tema dalam Kongres kali ini adalah ‘Menegakan Pers Kebangsaan Yang Independen, Profesional dan Berintegritas’. (Risqi)