Rektor : Jalan Terang Universitas Muhammadiyah Surakarta Menuju World Class University

Dikirim oleh ridlo pada Sen, 05/27/2019 - 09:30
ums-siapwcu

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Pengajian Ramadhan 1440 H dengan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, di Auditorium Mohammad Djazman, Sabtu (25/5/2019). Pengajian sekaligus buka bersama itu dihadiri ara pengurus PP dan seluruh pejabat struktural di lingkungan UMS mulai wakil rektor, dekan, kepala biri, kepala bagian, kaprodi dan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Rektor UMS, Dr. Sofyan Anif, M.Si, melaporkan perkembangan UMS dari tahun 2016-2019. Disaksikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr Haedar Nashir MS.i dan jajaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah, jajaran BPH dan lainnya, Rektor memaparkan berbagai kemajuan terkini yang dialami UMS.

Dari segi perkembangan pendaftaran mahasiswa baru, Rektor menjelaskan jika  jumlah pendaftar per-Mei 2019 sebanyak 8.685 pendaftar. Angka ini lebih sedikit jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni per-Mei tahun 2018 sejumlah 9.967 pendaftar dan tahun 2017 sebanyak 9.794 pendaftar terhitung perbulan Mei. Tetapi yang lebih membanggakan, PMB per-Mei tahun 2019 jumlah pendaftar yang teregistrasi mencapai angka paling tinggi, yaitu sebanyak 4.030 mahasiswa. Jumlah ini lebih banyak dari tahun 2018 yang hanya 3.574 mahasiswa dan tahun 2017 sejumlah 3.064 mahasiswa teregistrasi.

"Alhamdulillah bapak ibu, UMS semakin dipercaya masyarakat sehingga yang resmi registrasi itu meningkat. Dan saya yakin setelah bulan Mei akan semakin meningkat jumlah pendaftarnya" ujar Rektor UMS.

Dirinya juga menyebutkan bahwa UMS telah menyandang status terakreditasi A. Yang lebih menggembirakan lagi, berdasarkan laporan Lembaga Penjaminan Mutu (LJM) UMS, Program studi terakreditasi A sebanyak 26 prodi, sedangkan 25 Program Studi lainnya terakreditasi B. Dan UMS sudah tidak memiliki Prodi terakreditasi C. "Artinya apa, jumlah prodi kita sudah lebih dari 50 persen terakreditasi A. Kita terus melakukan pengembangan supaya Prodi yang masih B, segera menjadi A," lanjutnya.

Berlanjut dari aspek prestasi rangking Perguruan Tinggi, baru saja diumumkan UMS dinobatkan sebagai PTS terbaik Nasional tahun 2019 versi Uni Rank. Jika digabungkan dengan rangking PTN, UMS berada diurutan nomor 10. "4ICU merangking 13 PTN/PTS terbaik nasional, dan UMS satu-satunya PTS yang masuk di dalamnya. Jadi prestasi ini menunjukan kita sebagai PTS terbaik nasional," jelas Rektor disambut tepuk tangan para tamu undangan. Disusul prestasi Perpustakaan UMS yang terakreditasi A dan Lembaga Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat masuk dalam kategori Cluster Mandiri.

Ditambahkannya, kaitannya dengan Sumber Daya Manusia, dari 630 tenaga pendidik, yang sudah lulus S3 sebanyak 167 orang, dibarengi dengan SDM yang sedang studi S3 sejumlah 103 orang. Artinya sudah 40 persen SDM di UMS sudah atau sedang studi S3.

“Untuk lebih meningkatkan SDM di UMS, maka dibuat beberapa program seperti Akselerasi Doktor. Program tersebut berupa Smart Ph.D Partnership antara UMS dengan Perguruan Tinggi Malaysia khususnya UPSI, Pengiriman Beasiswa ke Luar Negeri, Perekrutan Doktor baru dan Studi Lanjut S3 secara regular,” katanya.

Program selanjutnya yaitu Akselerasi Guru Besar, saat ini UMS sedang melakukan pendampingan kepada 55 Doktor dan Lektor kepala untuk menjadi guru besar. Ditargetkan akselerasi tersebut selesai semua sampai tahun 2021.

Rektor optimistis langkah UMS untuk menjadi 'World Class University' semakin menemukan jalan terang. Dengan memiliki program penguatan reputasi internasional, UMS memberikan beasiswa pada mahasiswa asing. Kemudian targetnya UMS memikiki jurnal bereputasi Internasional sebanyak 500 Scopus hingga Agustus 2019. "Yang lebih menggembirakan UMS menjadi salah satu dari dua PTS di Indonesia yang sudah disetujui Kemenristekdikti untuk akselerasi World Class University," katanya.

Sejauh ini UMS terus melakukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri seperti Journal Collaboration / Publication, visiting Professor, Student Exchange, Lecture Exchange, Student Internship dan masih banyak bentuk kerjasama lainnya. Mari wujudkan impian anda bersama UMS. (Risqi)