Sediakan Lowongan Pekerjaan Bagi Alumni, UMS Gelar Job Fair Libatkan 24 Perusahaan

Dikirim oleh ridlo pada Jum, 03/08/2019 - 13:55
jobfair-ums2019

Job Fair Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) 2019 digelar pada Rabu-Kamis (6-7/3/2019). Acara yang digelar di GOR Kampus 2 UMS ini diadakan oleh Alumni Career and Employment Center (ACEC) UMS. Program Job Fair ini merupakan agenda rutin yang digelar oleh UMS untuk membantu alumninya mendapatkan pekerjaan.

Perusahaan yang menjadi peserta Job Fair kali ini berjumlah 24 perusahaan. Pada Job Fair sebelumnya, perusahaan yang hadir sekitar 40. Namun, meski tahun ini perusahaan yang menjadi peserta sedikit, ke-24 perusahaan tersebut adalah perusahaan-perusahaan yang dinilai kategori besar.

Drs. Suyatmin Waskito Adi, M.Si, selaku Ketua Panitia Job Fair menjelaskan Job Fair ini rencana awalnya ingin digelar pada Desember 2018 kemarin. Namun karena banyak perusahaan beralasan tutup buku, sehingga di undur pada bulan ini.

“Jadi job fair UMS 2019 ini kita selenggarakan pada awal Maret yang sedianya sebenarnya awal Desember 2018. Karena banyak perusahaan yang tutup buku akhirnya sedikit yang ikut karena alasannya itulah kita undur,” jelasnya.

Perusahaan yang menjadi peserta Job Fair ini tidak hanya berasal dari eks karesidenan Surakarta, namun juga dalam lingkup nasional. Beberapa perusahaan besar yang hadir di antaranya PT. Kayu Lapis Indonesia, CT Arsa Foundation, Tribun News, Bank Mega, dan lain sebagainya.

Drs. Suyatmin juga mengungkapkan, dalam Job Fair kali ini UMS berkeinginan agar para alumninya menjadi prioritas untuk diterima. Hal tersebut karena Job Fair kali ini merupakan bentuk kerjasama antara UMS dengan perusahaan terkait.

“Kita berharap semuanya, karena ini kerjasama ya alumni kita yang diprioritaskan. Bahkan termasuk di technical meeting kami tekankan kepada perusahaan yang hadir pada saat itu, karena kerjasama harus memprioritaskan alumni UMS untuk direkrut,” ungkapnya.

ACEC UMS juga tidak sekedar menggelar Job Fair saja. Namun mereka juga akan melakukan penelusuran, mulai dari proses rekrutmennya, penempatan setelah diterima, hingga gaji yang akan diterima alumni UMS. Hal ini menjadi bentuk tanggung jawab ACEC UMS dalam melayani para alumninya.

Wakil Rektor III, Taufik, Ph.D menjelaskan Job Fair, adalah bagian dari tanggung jawab pimpinan UMS dalam melayani para alumninya. “Pimpinan kampus memiliki tanggung jawab moral, tidak hanya mendidik, memberi ijazah, tetapi juga menyediakan lowongan pekerjaan di antaranya adanya job fair ini,” jelasnya. (Khairul)