Seminar Penulisan LPPI UMS : Belajar menulis mudah bersama peraih "Best Paper Award"

Dikirim oleh ridlo pada Jum, 12/07/2018 - 08:36
seminar-penulisan-lppi

Mahir menulis artikel ilmiah dan buku nasional, mungkin menjadi salah satu keinginan bagi banyak orang. Utamanya bagi para dosen dan mahasiswa yang ada dilingkungan akademik seperti di perguruan tinggi. Untuk bisa mewujudkannya, tentu perlu latihan menulis dan belajar dari para penulis yang memiliki kompetensi. Salah satu fasilitas untuk mengasah kemampuan menulis dan memotivasi untuk menjadi gemar menulis ialah terselenggaranya 'Seminar Penulisan Artikel Ilmiah & Buku Nasional'.

Seminar yang bertempat di Ruang seminar Gedung Induk Siti Walidah UMS ini, diinisiasi oleh Lembaga Pengembangan Penulisan Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta (LPPI UMS), kerjasama dengan penerbit Erlangga. Terselenggaranya seminar ini didasari dari tuntutan publikasi ilmiah semakin bertambah tinggi dibidang akademik. Selain itu untuk memberi kesempatan bagi para peserta yang belum berkesempatan mengikuti pelatihan menulis, yang selama ini berkali-kali LPPI UMS adakan.

"Kami melihat tuntutan publikasi ilmiah kan sekarang semakin tinggi ya, dan beberapa kali LPPI mengadakan pelatihan semacam ini, ada yang belum sempat ikut, ini kami beri kesempatan untuk ikut. Kebetulan Erlangga juga terbuka untuk kerjasama" ungkapnya Wisnu Setiawan, Ph.D., Ketua LPPI UMS.

Kemudian, seminar yang berlangsung dihari Kamis (6/12) tersebut, menghadirkan Narasumber dari  Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Prof. Mudrajad Kuncoro, P.hD. Dia merupakan Dosen di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM Yogyakarta, sekaligus penulis buku berprestasi.

Salah satu prestasinya yaitu peraih 'Best Paper Award' dalam 'Fourth International Conference On Advances Management, Economics and Social Science (MES)'. Penghargaan itu diberikan oleh Institute Engineers and Doctors (IRED), pada tanggal 18-19 Agustus 2016 di Roma, Italia.

Materi yang disampaikan olehnya, dikemas dengan diskusi interaktif dan juga memotivasi peserta lewat kesuksesannya menulis. Dia juga menularkan cara mudah mendapat inspirasi menulis, bisa didapatkan dari sumber Al-Qur'an dan pengalaman membaca.

Seminar itu sendiri diikuti oleh dosen dan mahasiswa UMS atau luar UMS. Kurang lebih berjumlah 40 peserta terlihat antuasias saat mendengarkan materi dari narasumber. Selain itu, peserta juga aktif diskusi dan semangat saat praktik menulis langsung di tempat. (Risqi)