Sumpah Dokter Periode XXVI: Lahirkan 11 Dokter Baru Berpredikat Sangat Memuaskan

Dikirim oleh ridlo pada Rab, 10/11/2017 - 08:45
sumpah-dokter-xxvi

Pelantikan dan Sumpah Dokter Periode XXVI Tahun 2017 melahirkan dokter-dokter baru dari Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS. Acara yang dihadiri oleh Dr. Sofyan Anif, M.Si selaku Rektor UMS,  Dr. dr. EM Sutrisna, M.Kes selaku Dekan Fakultas Kedokteran UMS, dan Drs. Dahlan Rais, M.Hum selaku Kepala Badan Pembina Harian (BPH) UMS bertempat di Arcadia Ballroom, Alana Hotel Surakarta, Selasa (10/10).

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, dr. Ratih Pramuningtyas, Sp. KK selaku Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran UMS menyampaikan laporan bahwa jumlah dokter baru yang dilantik adalah 11 orang yang terdiri dari 7 dokter wanita dan 4 dokter pria. “Pada kesempatan ini, kami melaporkan bahwa jumlah dokter baru yang akan dilantik berjumlah 11 orang, yang terdiri dari 7 orang dokter wanita dan 4 orang dokter pria,” lapornya pada acara pelantikan tersebut.

Dia juga menyampaikan bahwa pada sumpah dokter kali ini, 11 dokter tersebut menyandang predikat “sangat memuaskan”. Selanjutnya untuk predikat Indeks Prestasi (IPK) terbaik diraih oleh dr. Abdaul Hamas Izzati dengan IPK tertinggi yaitu 3,48 (sangat memuaskan). dr. Abdaul adalah putri dari dr. Indra Putranta dan dra. Erma Muflihah, M.Pd. Sementara itu, untuk predikat dokter termuda diraih oleh dr. Ratna Diani Kusumasari, yang lulus pada usia 24 tahun, 3 bulan, 13 hari.

Selanjutnya, Dr. dr. EM Sutrisna, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan bahwa hingga saat ini Fakultas kedokteran UMS telah meluluskan 626 dokter, terdiri dari 416 dokter wanita dan 210 dokter pria. Mereka semua tersebar di seluruh Indonesia, bekerja dan mengabdi sebagai dokter umum di puskesmas, kantor BPJS, klinik, rumah sakit, dan membuka praktik mandiri. Selain itu banyak lulusan juga yang menjadi residen/PPDS di berbagai centre Pendidikan Dokter Spesialis terkemuka di Indonesia. Bahkan ada yang sudah lulus menjadi dokter spesialis.

“Kita sudah meluluskan 626 dokter, diantaranya 416 dokter wanita dan 210 dokter pria. Mereka tersebar  di seluruh Indonesia. Ada yang di puskesmas, BPJS, klinik, rumah sakit, bahkan membuka praktik sendiri. Bahkan diantara mereka juga sudah ada yang menjadi dokter spesialis,” ungkapnya.

Sampai saat ini, Fakultas Kedokteran UMS telah bekerjasama dengan 9 Rumah Sakit/ wahana pendidikan, diantaranya RSUD Sukoharjo, RSUD Karanganyar, RS PKU Muhammadiyah Surakarta, BBKPM Surakarta, RSUD Dr. Harjono S. Ponorogo, Dinas Kesehatan Sukoharjo, RS. Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta, RSUD Dr. Moewardi, dan RS. Jiwa Daerah Surakarta.

Harapan Fakultas Kedokteran UMS sendiri kepada seluruh lulusan nantinya agar mereka menjadi dokter islami yang beramal ilmiah dan berilmu amaliah. Semoga para lulusan menjadi rahmatan lil’alamin dimanapun mereka berada. (Khairul – Editor. Ahmad)

Gambar 1Gambar 2Gambar 3
 
Gambar 16Gambar 17Gambar 18