Susul Akreditasi UMS, Ekonomi Pembangunan Raih Akreditasi A

Dikirim oleh ridlo pada Sab, 12/30/2017 - 08:08
akreditasi-ek-pembangunan

Usai Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) secara institusi meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) beberapa bulan lalu, kini Program Studi (Prodi) Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta (FEB UMS) juga meraih akreditasi A.

“Hasil tersebut ditetapkan dan diunggah oleh BAN-PT melalui Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) pada 27 Desember 2017, dengan total nilai 366,” ungkap Ketua Prodi Ekonomi Pembangunan FEB UMS, Ir Maulidyah Indira Hasmarini M.S. kepada wartawan, di Ruang Dekan FEB UMS, Pabelan.

Menurut Maulidyah, hasil A ini tidak lepas dari dukungan semua civitas akademika. “Dan juga saya sangat merasa tersupport dengan Lembaga Penjamin Mutu (LJM) UMS,” ujarnya.

Ketua Prodi Ekonomi Pembangunan FEB UMS mengatakan, LJM benar-benar membantu dan memberikan support serta aksi riil dalam proses mempersiapkan akreditasi tersebut. “Selain itu juga support dan dukungan data dari pimpinan fakultas hingga universitas, sehingga nilai akreditasi menghasilkan A,” jelasnya.

Menurut Maulidyah, bagi UMS, Prodi Ekonomi Pembangunan merupakan Prodi yang pertama di UMS melakukan proses akreditasi melalui sistem online SAPTO BAN-PT. Beda dengan proses akreditasi sebelumnya yang masih manual. Proses ini lebih efisiensi karena data-data borang langsung di upload.

"Setelah asesor BAN-PT datang kesini pada 13 Desember 2017 lalu untuk visitasi. Dua minggu tepat usai visitasi hasilnya sudah ada. Penetapan hasil dari BAN-PT ini termasuk cepat biasanya 1 bulan lebih," ungkapnya.

Lebih lanjut Maulidyah mengemukakan, saat ini prodi ekonomi pembangunan memiliki 4 kosentrasi yakni, ekonomi perencanaan, kebijakan publik, industri dan ketahanan pangan, moneter dan keuangan perbankan. Sekitar 95 % alumni bekerja sesuai bidang keahliannya baik di pemerintahan, perbankan, wiraswasta dan dosen.

Sementara itu, dengan diraihnya akreditasi A oleh Prodi Ekonomi Pembangunan, berarti prestasi tersebut melengkapi 2 Prodi di FEB yang sudah meraih akreditasi A lebih dulu, yakni Ekomomi Manajemen dan Akuntansi. (Eko)