Tambah Usia Semakin Jaya, UMS Raih Penghargaan PTS Terbaik

Dikirim oleh ridlo pada Sab, 12/01/2018 - 10:24
penghargaan-radarsolo

Pada usianya yang sudah 60 tahun ini, berbagai macam prestasi dan penghargaan kerap ditoreh oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Kali ini, tepat dipenghujung bulan November, kampus terakreditasi A tersebut dianugerahi penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Nasional. Penghargaan diberikan oleh Jawa Pos Radar Solo dalam programnya Radar Solo Awards 2018.

Juma’at (30/11/2018) malam, Dr. Sofyan Anif M.Si., Rektor UMS secara langsung menerima penghargaan tersebut. Malam penghargaan yang dilakukan ketiga kalinya oleh Jawa Pos Radar Solo, berlangsung di Bright Grand Ball room Harris Hotel Solo.

Saat diwawancarai di tempat acara, Dr. Sofyan Anif, M.Si., menyampaikan bahwa ini merupakan kali kedua UMS dianugerahi sebagai Perguruan Tinggi terbaik Nasional dari Jawa Pos Radar Solo. “Terkait Radar Solo Awards, seperti tahun lalu, UMS masih bertahan sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik Nasional” jelasnya.

Lanjutnya, mantan Wakil Rektor IV periode 2013 – 2017 tersebut juga menyampaikan, penghargaan tersebut perlu disyukuri serta menjadi penyemangat bagi sivitas akademika UMS untuk mempertahankan prestasinya “Sudah barang tentu, ini patut disyukuri dan menjadi tonggak untuk mempertahankan prestasi pada tahun yang akan datang” sambungnya.

Atas upaya keras dari seluruh keluarga besar UMS selama ini, Rektor juga berharap kampus yang sekarang memiliki 60 program studi tersebut, kedepannya kualitas UMS akan semakin baik dan dipercaya masyarakat.

“Karena kita sudah berupaya terus meningkatkan kulitas UMS, sudah barang tentu harapan kita kedepan semakin baik” tandasnya.

Sementara itu, Taufik Lamade menjabat sebagai Direktur Jawa Pos Radar Solo mengutarakan, alasan UMS dipilih sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik sudah melalui riset dan pertimbangan dari Timnya. Salah satu pertimbangan yang dia lakukan, karena mengapresiasi prestasi UMS yang berhasil masuk dalam 9 Perguran Tinggi terbaik se-Indonesia, dan UMS peringkat ke-8 versi Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2018. 

“Kami apresiasi keberhasilan UMS menjadi Universitas terbaik se-Indonesia, UMS urutan ke 8 bersaing dengan PTN lain” ujarnya saat diwawancarai disela acara.

Ia juga menambahkan dari sembilan perguruan tinggi terbaik tersebut, UMS merupakan satu-satunya PTS didalamnya. Sehingga UMS menjadi PTS terbaik diantara PTS lainnya. Ini menjadi bukti bahwa UMS bukan kampus biasa. Ia pun mengaku bahwa dirinya masih ingat betul data tersebut.

"UMS PTS terbaik diantara swasta lain, Aku masih ingat betul datanya. Artinya UMS bukan sembarang kampus” tandasnya.

Radar Solo Global Awards 2018 ini juga menobatkan berbagai macam kategori lainnya, bagi para tokoh, organisasi, instansi hingga pemerintah se-Solo Raya yang menginspirasi banyak orang. Acara juga dihibur dengan penampilan parodi musik dari Owah Band. (Risqi)