Terbuka untuk Bersinergi, UMS Kembali dikunjungi

Dikirim oleh ridlo pada Sab, 01/19/2019 - 08:28
pelatihan-ditilitbang

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjamu kunjungan peserta 'Leadership Training' Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) angkatan ke-3 tahun 2019 hari Jumat pagi (18/1/2019) di Gedung Induk Siti Walidah UMS. Kali ini, kampus terakreditasi A tersebut jadi salahsatu lokasi yang disinggahi dari tiga PTM di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Dua PTM lainnya adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitas Muhammadiyah Magelang. Leadership Training, diselenggarakan oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Diikuti oleh perwakilan Pimpinan PTM Se-Indonesia selama 14 - 15 Januari 2019 di Hotel Jayakarta Yogyakarta.

Jumlah peserta yang berkunjung ke UMS sejumlah 13 peserta, mereka datang dari berbagai PTM yang berbeda. Terdiri dari Pimpinan PTM dengan Jabatan Rektor ataupun Wakil Rektor, antusias mengikuti best practice sebagai bagian dari pelatihan.

Diakui oleh Punang Amari Puja,SE., ST., M.IT. perwakilan tim fasilitator pelatihan, alasan UMS ditunjuk sebagai sarana pembelajaran bagi peserta karena status UMS sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Nasional sudah tidak perlu diragukan lagi.

"UMS itu salahsatu PTS terbaik di Indonesia. Kita lihat memang pengelolaannya, dari sisi menghasilkan karya-karya ilmiah dan sisi lainnya UMS memiliki keunggulan". Ujar Dosen Manajemen UMY tersebut.

Peserta pelatihan saat berkunjung ke UMS, mempelajari ilmu pengelolaan Perguruan Tinggi khususnya di Muhammadiyah. Tata kelola tersebut meliputi tentang pengelolaan Pendaftaran Mahasiswa Baru, Bidang kegiatan mahasiswa, manajemen keuangan dan manajemen Administrasi dan tata kelola kerjasama.

"Kita disini untuk berkunjung dan mengetahui seperti apa tata kelola yang ada di UMS, dari beberapa bidang yang ada" lanjutnya.

Sebagai Universitas Swasta yang selalu berupaya meningkatkan kompetensinya, UMS kembali menegaskan bahwa pihaknya terbuka terhadap instansi lain jika ingin berkunjung ke kampus menara tersebut.

"Kami membuka pintu kepada instansi lain jika ingin melihat seperti apa tata kelola di UMS" Ujar Dr. Muhammad Dai, M.Si. Apt. selaku Wakil Bidang Akademik UMS periode 2017 - 2021 saat memberikan sambutan di Ruang Rapat Badan Pembina Harian UMS. (Risqi)