Tim Tenis Lapangan UMS Raih Juara 2 dalam Invitasi Olah Raga PTS Se-Jawa Tengah 2018

Dikirim oleh ridlo pada Sel, 10/23/2018 - 08:33
juara-2-invitasi-tenis

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi salah satu peserta dalam Invitasi Olah Raga antar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Se-Jawa Tengah 2018. Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 100 PTS di se-Jawa Tengah ini secara langsung diadakan oleh Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, Jumat – Minggu (19-21/10/2018).

Pelaksanaan invitasi olah raga yang telah dilakukan selama 4 tahun ini memiliki perbedaan di setiap penyelenggaraannya. Pada penyelenggaraan invitasi yang tahun pertama dan kedua hanya khusus cabang bulu tangkis. Kemudian invitasi tahun ketiga dan keempat terdapat 3 cabang olah raga yang dilombakan, yaitu bulu tangkis, tenis meja, dan tenis lapangan.

Pada tahun keempat yang diselenggarakan di Universitas Veteran (Univet) Bangun Nusantara Sukoharjo, tim dari UMS berhasil meraih juara kedua dalam cabang tenis lapangan. Winarto selaku Official Tim UMS menjelaskan bahwa untuk cabang tening lapangan sendiri terdapat 19 tim yang ikut bertanding, namun UMS sendiri hanya mengeluarkan 1 tim.

Daftar pemain yang diboyong UMS berstatus dosen antara lain Prof. Ali Imron Ma’ruf (Prodi Bahasa Indonesia), Drs. Sigit Haryanto, M.Hum (Prodi Bahasa Inggris), Dr. Ir. H.A.M Fuadi, MT (Prodi Teknik Kimia), Ir. Bana Handaga, MT., Ph.D (Prodi Informatika),  Ir. Agus Riyanto, MT (Prodi Teknik Sipil), Hasyim As’ary, ST., MT (Prodi Teknik Elektro). Sedangkan dari karyawan ada Ngatono, SE., MM (AUM Bersinar), Ahmadi (Biro TI), Wuryanto, S.T (BAA), adapun sebagai Tim Official adalah Drs. Sami’an , MM (FKIP Akuntansi), Drs. Eko Budiyadi (LPIDB) dan Winarto (Biro TI)

"UMS mengeluarkan 1 tim inti yang terdiri dari Dosen dan Karyawan. Jadi 1 tim terdiri dari 3 pasang, yaitu 2 pasangan dosen dan 1 pasangan karyawan. Apabila dosen tidak ber-NIDN maka tidak dapat ikut," jelasnya.

Dia juga menceritakan bahwa pada final cabang tenis lapangan kemarin, UMS berhadapan dengan tuan rumah, Univet Bangun Nusantara Sukoharjo. Dalam pertandingan final tersebut, UMS mengalami kekalahan dengan tuan rumah. Hasil tersebut mengantarkan tim tenis lapangan dari UMS memperoleh juara ke-2.

Winarto juga memberikan saran kepada tim agar dosen dan karyawan UMS tetap dapat berprestasi, khususnya dalam bidang olah raga seperti sekarang ini maka perlu adanya kesadaran untuk rajin latihan.

“Harus rajin-rajin selalu latihan, kan kita misalkan untuk badminton Sabtu pagi sama Senin malam itu sudah kegiatan UMS rutin ada. Monggo bisa diikuti untuk aktif latihan. Kemudian untuk yang tenis lapangan itu Senin pagi, Rabu pagi, dan Jumat pagi,” sarannya.

Selain itu dia juga berharap agar di pelaksanaan Invitasi Olah Raga antar PTS Se-Jawa Tengah tahun 2019 nanti, prestasi dari UMS bisa meningkat. Pada tahun sebelumnya UMS telah meraih juara 3, kemudian di tahun 2018 ini berhasil meraih juara 2. Sehingga diharapkan di tahun 2019 mendatang UMS dapat meraih juara 1. (Khairul)