UMS Sambut Mahasiswa Baru Mulai 22 Juli dengan Masta hingga Expo UKM

Dikirim oleh ridlo pada Sen, 07/22/2019 - 08:13
rilismastapmb-2019

Selamat kepada para mahasiswa baru yang sudai diterima di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Kampus UMS menggelar kegiatan Masa Taaruf dan Penyambutan Mahasiswa Baru (Masta-PMB) tahun 2019. Kegiatan penyambutan mahasiswa baru itu mulai dilaksanakan 22 Juli 2019 hingga 22 Agustus 2019. 

Masta PMB tahun 2019 dilaksanakan secara bertahap yang terbagi menjadi 8 kloter. “Setiap kloter diikuti 1.000 – 1.200 mahasiswa. Untuk pembagian peserta per kloternya, tempat dan waktu pelaksanaan dijadwalkan oleh panitia Masta- PMB. Tempat pelaksanaan di ruang seminar Gedung Siti Walidah Lantai 7, Auditorium M Jazman, Ruang Seminar Gedung Pascasarjana Lantai 5, Ruang Seminar FKIP, Ruang Seminar Farmasi,” jelas Wakil Rektor 3 UMS Taufik Kasturi, Ph.D. 

Dia menambahkan, Masta PMB 2019 ini mengambil tema “Internalisasi Karakter yang Islami dan Berdaya Saing dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0”. Rangkaian Masta PMB 2019 itu terdiri dari sejumlah event mulai Masta Universitas, Grand Opening Masta PMB, Masta ke IMMan dan Expo UKM dan Ormawa Universitas. “Puncak Masta PMB 2019 dilaksanakan tanggal 14 Agustus 2019 di halaman Masjid Sudalmiyah atau lapangan Psikologi Kampus 2 UMS,” jelasnya.

Masta universitas, lanjut Taufiq, merupakan kegiatan inti yang dilaksanakan mulai tanggal 22 Juli 2019 sampai dengan 8 Agustus 2019. Materinya, antara lain tentang Al Islam,Kemuhammadiyahan, Pengenalan Organisasi Otonom di kampus seperti Majelis Pendidikan Kader, Tapak Suci, Hizbul Wathan, IMM. Termasuk materi tentang pendidikan karakter dan entrepreneurship.

Ahmad Kholid, Sekretaris Masta UMS 2019 menambahkan, untuk Expo UKM dan Ormawa Universitas, lebih kepada kegiatan pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) kepada mahasiswa baru serta pengenalan organisasi mahasiswa (Ormawa) yang ada di tingkat universitas. “Diharapkan mahasiswa baru UMS mengenal dan dapat memilih salah satu kegiatan untuk menyalurkan sesuai dengan bakat dan minat masing-masing. Kegiatan diadakan dalam bentuk display dan pameran stand,” ungkapnya.

Selain mengikuti acara Masta-PMB di tingkat universitas, kata Kholid, mahasiswa juga akan disambut di tingkat Fakultas dan Program Studi melalui acara Fakultaria/Prodiria yang masing-masing dijadwalkan secara mandiri oleh Fakultas/Prodi. “UMS siap menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2019- 2020 dengan menyenangkan dan berkemajuan dan menjadikan kampus UMS sebagai tempat untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter mulia dan berdaya saing,” katanya.(Asef/Humas)