Ilmu Komunikasi UMS jadi Tuan Rumah Rakernas APIK Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Dikirim oleh ridlo pada Rab, 07/24/2019 - 08:13
rakernas-apik2019

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta (FKI UMS) menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi (APIK) Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). Rakernas ini, dibarengi dengan Workshop Pengisian Borang Akreditasi 4.0, yang dibimbing oleh Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc. yang merupakan Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah. Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB di ruang Sidang BPH UMS, pada Selasa (23/7).

Dr. Dian Puworini, Kepala Prodi Ilmu Komunikasi UMS menjelaskan, rangkaian acara diawali sesi pertama dengan Workshop Pengisian Borang Akreditasi 4.0 "Workshop ini juga diikuti untuk beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Solo raya," jelasnya.

Harapan dari workshop ini untuk membantu para dosen Ilmu Komunikasi di PTS khususnya PTM agar lebih siap dalam mensukseskan program akreditasi prodi, karena diakui dalam prosesnya memiliki kesulitan tersendiri dan membutuhkan ketelitian yang tinggi. "Dengan adanya APIK ini, kami para tenaga pendidik Ilmu Komunikasi ingin kompak dan bersinergi, supaya kita (prodi Ilmu Komunikasi) dapat sukses bersama-sama)," sambungnya.

Selesai Workshop sampai siang hari, kegiatan dilanjutkan dengan Rakernas APIK PTM. Rakernas ini adalah kegiatan pertama dilakukan oleh APIK PTM pada periode kedua kepengurusan Apik hasil musyawarah di Jogjakarta. Saat ini, APIK PTM dinahkodai oleh Himawam Sutanto, S.Sos., M.Si., salah satu dosen dari Universitas Muhammadiyah Malang. "Setelah makan siang, kita akan mengadakan Raker sidang komisi, yang akan membahas kegiatan-kegiatan APIK PTM selama satu tahun ke depan,"  ujar Kepala Prodi Ilmu Komunikasi UMM itu.

Keluarga besar Ilmu Komunikasi UMS, merasa senang karena kampusnya ditempati dalam kegiatan Rakernas tersebut. Ini merupakan upaya memperkenalkan lebih jauh terkait profil Prodi Ilmu Komunikasi khususnya dan UMS pada umumnya. "Kami sangat senang sekali, memang sebelumnya dari APIK PTM sudah mengusulkan kalau UMS jadi tuan rumah sejak dua tahun lalu, Alhamdulillah bisa terlaksana di tahun ini," katanya.

Selama satu hari berlangsung, Rakernas diikuti oleh 25 perwakilan PTM yang memiliki Program Studi Ilmu Komunikasi. Rakernas dibuka oleh Rektor UMS Dr. Sofyan Anif, M.Si., yang didampingi Dekan Fakuktas Komunikasi dan Informatika Nurgiatna, S.T., M.Sc., Ph.D. Sofyan memberi pesan-pesan agar sukses mengelola program studi di kampus Muhammadiyah. (Risqi)