Tapak Suci UMS Bawa Pulang 8 Medali dari Ajang POMPROV XVI

Dikirim oleh ridlo pada Sen, 08/05/2019 - 13:08
tapaksuci-pimprov

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengirimkan atlet terbaiknya dalam ajang Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) Provinsi Jawa Tengah XVI Tahun 2019 untuk cabang olahraga (cabor) beladiri Tapak Suci yang berlangsung di Auditorium Ukhuwah Islamiyah Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada 29-31 Juli 2019. Hasilnya, tim bela diri UMS menyabet 8 medali.

Tim Tapak Suci Putra Muhammadiyah unit 003 pada kegiatan POMPROV JATENG XVI mengirimkan 9 atlet, yaitu Dela Kusumawati, Rasno, Hamzah Mujahid, Annas Rais Arni Royhan, Faris Arman Sa'd, Amar Abdullah Dani Arni Raihan, Agung Pipit Supriadi, Rehan Budianto dan Karomatu Fadhilah. Kontingen ini didampingi oleh Pembina Tapak Suci UMS, Wildan Hanif Amri didampingi Manager, Faiz dan Devi Nofita, serta jajaran Official Pelatih yaitu Muhad Fatoni, Krisna Adi Wiguna dan Nur Subekti. Dalam kejuaraan ini para atlet mengikuti 7 nomor kategori tanding putra, 1 nomor kategori tanding putri, dan 1 nomor kategori tunggal putri.

Para atlet mampu membawa pulang 8 medali pada cabor beladiri Tapak Suci di POMPROV XVI. Medali tersebut terdiri dari lima emas, satu perak dan dua perunggu. Medali emas berhasil dibawa pulang oleh Dela Kusumawati, Rasno, Hamzah Mujahid, Annas Rais Arni Royhan dan Faris Arman Sa'd.

Dalam kejuaraan tersebut Rasno menjuarai kategori tanding kelas D putra, Hamzah Mujahid menjuarai kategori tanding kelas F putra, Annas Rais Arni Royhan menjuarai kategori tanding kelas G putra, Faris Arman Sa'd menjuarai kategori tanding kelas I putra, dan Dela Kusumawati menjuarai kategori tanding kelas C putri. Sedangkan atlet yang memperoleh medali perak diraih Amar Abdullah Dani Arni Raihan, dan medali perunggu diraih oleh Agung Pipit Supriadi dan Rehan Budianto.

“Usai kegiatan itu, rencananya jika atlet tersebut lolos verifikasi Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) maka akan mengikuti POM Nasional yang akan diselenggarakan pada bulan September (2019) di Jakarta mendatang mewakili Provinsi Jawa Tengah,” ungkap Wildan saat saat dihubungi oleh repoter web UMS.

Sambil menunggu keputusan BAPOMI yang diperkirakan membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 bulan, menurut Wildan, pada 6 Agustus 2019 ada dua atlet tapak suci UMS yang termasuk dalam tim Pemusatan Latihan Daerah Jawa Tengah untuk mengikuti kejuaraan beladiri di luar negeri. “Untuk Annas dan Dela besok (6/8) mereka akan berangkat ke Singapura untuk menjalani laga uji coba di Singapura,” kata Wildan.

Wildan juga mematok target kepada kedua atlet yang berangkat ke negara yang dijuluki The Lion City. “Meskipun laga uji coba, kami memberi target tinggi kepada mereka agar memperoleh hasil yang maksimal. Selain POMNAS ke depannya ada Kejuaraan Nasional antar Perguruan Tinggi di UPN Veteran Yogjakarta pada Desember 2019. Kami berharap dengan adanya Program Studi Olahraga yang sudah terakreditas B, mampu menjadi lawan berat bagi tim-tim besar yang sudah mendominasi juara pada kegiatan sebelumnya” pungkasnya. (Asef/Humas)