Program Pasca Sarjana

front-leaflet-pasca

Visi

Pada tahun 2029 menjadi pusat unggulan berstandart internasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni (ipteks) dan sumberdaya manusia (SDM) yang memberikan arah pada perubahan berlandaskan nilai-nilai keislaman

Misi

Memajukan riset dan pembelajaran yang mampu mengembangkan SDM Islami berwawasan global sehingga dapat memberi konstribusi pada pengembangan ipteks.

Pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam visi dan misi dapat dijelaskan sebagai berikut. Pusat unggulan berstandart internasional dimaksudkan bahwa keberadaan SPs-UMS diakui, dibutuhkan dan dijadikan rujukan dan sumber ilmu pengetahuan oleh masyarakat, baik ditingkat lokal, regional, maupun internasional.

Pengembangn ipteks dan SDM yang memberikan arah pada perubahan dan berlandaskan nilai-nilai keislaman dimaksudkan sebagai upaya SPs-UMS dalam mengembangkan ipteks dan SDM atas dasar prinsip-prinsip ketauhidan dan kekhilafahan di muka bumi.

Memajukan riset dan pembelajarandimaksudkan sebagai upaya memberikan kontribusi yang berkualitas, efektif, efisien, transparan, responsibel, dan akuntabel guna mendukungtercapainya visi SPs-UMS.

Tujuan

Memperhatikan visi dan misi tersebut di atas, maka SPs-UMS bertujuan:

  • Menghasilkan lulusan yang berstandar internasional dan relevan dengan kebutuhan masyarakat yang bertakwa kepada Allah swt dan beraklaq mulia.
  • Menghasilkan produk keilmuan (riset, buku, publikasi ilmiah) yang berkontribusi pada komunitas global.

Program Studi dan Status

SPs-UMS menawarkan satu program doktor dan sebelas program magister. Semua program mendapatkan ijin dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

  No   Program Studi   Jenjang   Peminatan/Konsetrasi   Akreditasi
  1   Ilmu Hukum   S-3   1. Pemikiran Hukum
2. Pembangunan Teori Hukum
  B
  2   Teknik Sipil   S-2   1. Struktur
2. Transportasi
3. Manajemen Infrastruktur
4. Teknik Keairan
5. Geoteknik
  B
  3   Magister Manajemen   S-2   1. Manajemen SDM
2. Manajemen Pemasaran
3. Manajemen Keuangan
4. Manajemen Rumah Sakit
5. Manajemen Perbankan
6. Ekonomi dan Keuangan Syariah
  A
  4   Sains Psikologi   S-2   1. Psikologi Pendidikan
2. Psikologi Industri Organisasi Sosial (PIOS)
3. Psikologi Klinis
  B
  5   Ilmu Hukum   S-2   1. Hukum Perbankan Islam
2. Hukum Ekonomi
3. HTN/HAN
4. Hukum Pidana
5. Hukum Kesehatan
  B
  6   Pengkajian Bahasa   S-2   1. Pengajaran Bahasa Indonesia
2. Pengajaran Bahasa Inggris
3. Linguistik
4. Sastra
  B
  7   Administrasi Pendidikan   S-2   1. Pendidikan Matematika
2. Pendidikan IPA
3. Pendidikan IPS
4. Kepemimpinan
5. Cerdas Istimewa
6. Pendidikan Dasar
  A
  8   Pendidikan Islam   S-2   1. Manajemen Pendidikan Islam
2. Pendidikan Agama Islam
  A
  9   Hukum Islam   S-2   1. Fiqh Ushul Fiqs   B
 10   Teknik Mesin   S-2   1. Manufacturing
2. Otomotif
  Ijin Dikti No. 079/P/2014
 11   Farmasi   S-2   1. Klinik
2. Science Farmasi
  Ijin Dikti No. 078/P/2014
 12   Akuntansi   S-2   1. Akuntansi Sektor Publik
2. Akuntansi Keuangan dan Bisnis Syariah
  Ijin Dikti No. 498/E/O/2014
 13   Teknik Kimia   S-2   1. Teknologi Energi
2. Teknolohi Bahan Alam
3. Teknologi Pencegahan Pencermaran
  Kepmen Ristek Dikti No. 153/KTP/I/2015

 

Program Double Degree

Program International Education Management diselenggarakan oleh Magister Administrasi Pendidikan Bekerjasama dengan Faculty of Education Minnesota University. Beban studi program ini sebesar 42 SKS, dengan rincian 24 SKS dilaksanakan di UMS dan 18 SKS dilaksanakan di Minnesota University. Program dilaksanakan satu tahun di UMS dan satu tahun di Minessota University. Peserta akan mendapatkan gelar M.Pd (UMS) dan M.Ed (Minnesota University)

Program Twinning

Program ini dilaksanakan bersama oleh Magister Teknik Sipil dan Magister Administrasi Pendidikan dengan beban studi sebesar 60 SKS. Program Twinning dirancang untuk diselesaikan dalam waktu enam semester. Peserta program ini akan mendapat gelar MT dan M.Pd.

Program studi Administrasi Pendidikan juga membuka basic class, yaitu kelas khusus dengan pengantar bahasa inggris. Sementara itu, program studi Pemikiran Islam telah menjalin kerjasama dengan Universitas Sudan. Program studi Pemikiran Islam konsentrasi Hukum Islam, secara khusus juga menyelenggarakan kelas berbahasa Arab. Program studi Ilmu Hukum dengan bantuan nuffic neso saat ini sedang merintis kerjasama dengan Universitas di Belanda, sedangkan program studi Magister Manajemen sedang dalam persiapan menjalankan persetujuan kerjasama dengan Charles Darwin University, Australia.

Upaya SPs-UMS untuk dikenal di kancah internasional tampaknya mulai mendapatkan hasil. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa mahasiswa dari negara-negara Arab Saudi, Sudan, Yaman, Filipina, Malaysia, Thailand, dan Libya yang belajar di SPs-UMS. Setiap tahunya, rata-rata SPs-UMS menerima sekitar 500 mahasiswa baru. Jumlah lulusan SPs-UMS sejak berdiri hingga bulan Agustus 2014 sekitar 5.849 orang. Saat ini SPs-UMS juga sedang menyiapkan pembukaan studi baru, yaitu Program Doktor Ilmu Ekonomi.