61 Tahun UMS, Memajukan dan Mencerahkan Bangsa

Dikirim oleh ridlo pada Sab, 10/26/2019 - 10:40
upacara-61diesums

Tahun ini, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menginjak usianya yang ke 61 tahun. Untuk mensyukuri berbaga prestasi yang telah dicapai, pada hari Kamis (24/10/2019) digelar Sidang Terbuka Senat UMS dengan agenda Upacara Harijadi Ke-61 UMS bertempat di Auditorium Moh. Djazman kampus 1 UMS.

Semakin bertambahnya usia, UMS semakin dipercaya oleh masyarakat sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang kredibel baik dalam negeri maupun luar negeri. Sejauh ini UMS memiliki kontribusi besar dalam memajukan dan mencerahkan peradaban bangsa dalam bidang pendidikan tinggi. Rektor UMS, Prof. Dr. Sofyan Anif, M Si. mengemukakan visi UMS yakni pada tahun 2029, UMS menjadi pusat pendidikan dan pengembangan IPTEKS yang islami dan memberi arah perubahan. 

"Untuk mencapai visi tersebut, maka milestone tahun 2017-2021, UMS berupaya melakukan penguatan reputasi nasional dan internasional" ujarnya saat menyampaikan Laporan Tahunan Rektor UMS 2019.

Pada laporannya, Rektor juga memaparkan perjalanan UMS selama Bulan November 2018 - Oktober 2019. Berbagai raihan prestasi banyak dicapai baik dari kalangan mahasiswa hingga keberhasilan UMS secara institusi yang telah mewarnai pendidikan di tanah air selama satu tahun terakhir. Sebut saja keberhasilan yang paling baru yakni UMS memjadi salah satu motor penggerak diajarkannya Bahasa Indonesia sebagai bahasa Kedua di Fakultas Bahasa Asing dan Tarjamah di Universitas Al Azhar Cairo Mesir.

UMS juga telah mencanangkan program unggulan tahun 2019-2020. Pada Bidang Akademik dan kerjasama. Kemudian Bidang Sumber Daya Manusia, Pengelolaan Aset dan Al-Islam & Kemuhammadiyahan, Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Perkaderan, dan Bidang Keuangan dan Teknologi Informasi.

"Melalui program-program unggulan UMS tahun akademik 2019-2020 tadi, maka seluruh pihak yang berkepentingan dapat mengambil peran sesuai tugas dan fungsinya, sehingga semua bersinergi untuk meningkatkan daya saing UMS tingkat nasional maupun global. Selama 61 tahun UMS telah turut memajukan dan mencerahkan bangsa," pungkas Rektor UMS. (Sonjaya/Humas)