Di Depan 59.000 Warga Muhammadiyah, Rektor UMS Nyatakan Siap Jadi Tuan Rumah Muktamar

Dikirim oleh ridlo pada Min, 10/27/2019 - 18:20
sambutan-md-bermunajad

Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si. menyatakan kampusnya semakin siap untuk menjadi tuan rumah Muktamar Ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah pada tanggal 1-5 Juli 2020 mendatang. Pernyataan tersebut dilontarkan olehnya selaku Ketua Panitia Penerimaan Muktamar, di hadapan kurang lebih 59.000 warga Muhammadiyah Jawa Tengah dan daerah lain pada acara Jawa Tengah Bermunajat, Sabtu malam (27/10/2019) di Lapangan Simpang Lima Semarang.

“UMS ditunjuk oleh PWM Jawa Tengah atas persetujuan PP Muhammadiyah sebagai tuan rumah bersama PDM lain di Solo dan kabupaten sekitarnya, maka dengan ini UMS siap mengemban amanah tersebut,” ungkap Rektor UMS.

Kesiapan tersebut ditandai salah satunya dengan pembangunan Edutorium UMS yang mempu menampung sekitar 10.000 orang. Gedung ini diperuntukan sebagai tempat sidang pleno Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah. “UMS kini sedang membangun Edutorium, gedung pertemuan yang modern, ramah lingkungan dan berkemajuan. Nantinya bisa untuk rapat pleno dan sebagainya,” sambungnya.

Guru Besar Bidang Manajemen Pendidikan di UMS tersebut juga menerangkan, Pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah akan digelar di Staidon Manahan Surakarta. Diprediksikan jumlah penggembira Muktamar yang akan membanjiri kota Solo, sebanyak kurang lebih 600.000 warga Muhammadiyah datang dari seluruh penjuru nusantara. 

“Oleh Karena itu, Panitia Penerimaan Muktamar sudah memesan sekitar 10.500 kamar hotel yang ada di Solo dan sekitarnya untuk para penggembira dan peserta Muktamar,” jelasnya.

Kemudian Rektor UMS periode 2017 – 2021 tersebut menambahkan telah mengumumkan jika panitia lokal Mukatamar telah membuat situs website resmi yang salah satunya berfungsi sebagai pelayanan online pendaftaran Penggembira Muktamar. Alamat laman tersebut yaitu www.muktamar48.ums.ac.id yang bisa diakses oleh seluruh calon peserta dan penggembira Muktamar. 

“Nanti penggembira muktamar bisa mendaftarkan diri lewat website tersebut. Nantinya untuk kami pesankan penginapan. Jadi kami buat sistem seperti aplikasi pemesanan tiket onlime dijamin harganya akan lebih murah dibanding booking kamar secara mandiri saat Muktamar berlangsung nanti,” katanya.

Penting diketahui, kegiatan Jateng Bermunajat dan Gebyar Muktamar diselenggarakan untuk menyemarakkan pembukaan Olympic Ahmad Dahlan (OLYMPICAD) Nasional VI yang diselenggarakan oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN) Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada 26–28 Oktober 2019 mendatang. Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua PP Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir, Ketua PWM Jawa Tengah Drs. H. Tafsir, M.Ag., Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin, dan Pelaksana Harian Sekda Jateng Herru Setiadhie. (Sonjaya/humas)