Dibukan Kembali, Masjid Kampus UMS Terapkan Protokol Kesehatan

Dikirim oleh ridlo pada Jum, 06/12/2020 - 10:16
masjid-buka-kembali

Takmir Masjid Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mulai membuka kembali akses shalat berjamaah di masjid yang berada di lingkungan kampus. Termasuk untuk Shalat Jumat kembali diselenggarakan mulai Jumat (12/6/2020) dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.

Dibukanya masjid di lingkungan UMS untuk shalat berjamaah tersebut diumumkan lewat Maklumat Takmir Masjid bernomor No.003/A.1-VIII/TM-UMS/VI/2020. Dalam surat maklumat tersebut dijelaskan, mulai hari Jumat 12 Juni 2020 aktivitas pelaksanaan shalat wajib lima waktu khususnya Shalat Jumat dapat digelar kembali namun sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

Maklumat Takmir Masjid ditandatangani Ketua Takmir Masjid Dr Syamsul Hidayat, M.Ag dan Sekretaris Muchammad Iksan S.H, M.H. Dibukanya kembali masjid di lingkungan UMS untuk shalat wajib dan shalat jumat, berdasarkan Surat Edaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor : 05/EDR/I.0/E/2020, mengenai Tuntunan Ibadah (Lanjutan) Menghadapi Pandemi dan Dampak Covid-19 dan Panduan MCCC Tentang Pembinaan Keagamaan Peribadatan Jama’ah Muhammadiyah dalam Masa Pandemi Covid-19.

“Karena masa kedaruratan Pandemi Covid-19 belum menunjukkan penurunan yang berarti maka pelaksanaan salat Jumat dan salat berjamaah dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19,” ungkap Maklumat tersebut.

Adapun protokol kesehatan yang diaksud yakni, jamaah tetap diminta menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan sabun sebelum atau sesudah wudhu. Lalu shaf shalat diatur sedemikian rupa dengan memperhatikan kerapian dan kelurusannya, serta menjaga jarak aman sekitar 1,5 meter.

Jamaah juga dianjurkan memakai masker dan alat shalat (sajadah) sendiri saat berada di Masjid Kampus UMS. Saat khutbah Jumat juga diberi batasan waktu yang singkat yaitu sekitar 10 menit.

"Sebelum melaksanakan Shalat Jumat, kami membersihkan Masjid dengan mengepel lantai di seluruh ruangan, selain itu kami juga memberikan himbauan sebelum pelaksanaan khutbah Jumat mengenai protokol kesehatan yang diberlakukan di lingkungan Masjid Kampus UMS," kata Staf Takmir Masjid Kampus UMS, Sulton Afkhar Nawafil saat berada di Masjid Sudalmiyah Rais Kampus 2 UMS menjelaskan persiapan pelaksanaan Shalat Jumat sesuai protokol kesehatan.

Selain itu, Sulton juga mengatakan jamaah yang melaksanakan Shalat Jumat khususnya di Masjid Sudalmiyah Rais Kampus 2 UMS tidak seramai biasanya. "Kalo sebelum pandemi covid ini, Masjid Sudalmiyah Rais saat melaksanakan Shalat Jumat khususnya di lantai 1, dapat menampung sekitar 1.000 orang lebih, namun kali ini hanya sekitar 300-an jamaah saja," imbuh Sulton. (Asef|Humas)