Hand Sanitizer dan Hand Soap Karya Mahasiswa UMS Siap Dibagikan ke Masyarakat

Dikirim oleh ridlo pada Jum, 04/03/2020 - 12:38
handsoap-untuk-masyarakat

Kurang lebih sekitar 650 cairan antiseptik (hand sanitizer) dan sabun cuci tangan (Hand Soap) siap dibagikan ke masyrakat penerima bantuan bersama dengan paket sembako secara gratis. Kedua cairan tersebut merupakan produk dari mahasiswa UMS. Para relawan Gerakan UMS Peduli Lawan Covid-19 sudah menyiapkan cairan antiseptik ke dalam botol ukuran 100 mililiter.

Tri Harmoko, S.T. selaku koordinator pembuatan hand soap mengatakan, sabun cuci tangan tersbeut dibuat oleh para mahasiswa Teknik Kimia UMS. "Siapapun yg mau gabung boleh. Sementara di ini dari temen" teknik kimia UMS program S1 dan S2 sudah mengawali" ungkap Tri pada Humas UMS melalui WhatsApp, pada Jum'at (3/4/2020).

Bahan pembuatan sabun cuci tangan yang dibuatnya menggunakan bahan yang aman dan sesuai takaran yang sudah diperhitungkan. Tri mengtakan tidak bisa menyebutkan bahan-bahannya karena khawatir banyak masyarakat yang akan membuatnya tanpa takaran yang sesuai. "Bahan nya tdk saya publish mas. Nanti takut ada salah persepsi di masyarakat.. seperti handsanitizer pada ikutan buat tapi tidak tau ukuran. InsyaAllah aman dan sudah kami coba" lanjut Tri.

Untuk sementara ini, Tri Harmoko dan teman-temannya berencana akan membuat hand soap sebanyak 200 liter. Hingga saat dihubungi, timnya baru beres membuat 120 liter. "Kemudian target awal kami akan buat 600 pack, sejauh ini sudah jadi 400 pack hand soap dan sebagian sudah disebar luaskan ke masyarakat" jelas mahasiswa program Magister Teknik Kimia itu.

"Selain hand soap, kami juga membagikan hand sanitizer," katanya. (Risqi/Humas)