IDN TIMES Berbagi Ilmu Jurnalistik Onlien dengan Mahasiswa UMS

Dikirim oleh ridlo pada Sab, 09/21/2019 - 08:31
idtimes-kunjungi-ums

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi tuan rumah roadshow media online IDN Times, Jumat (20/9/2019). Dalam kunjungan ke kampus swasta terbaik itu digelar diskusi tentang jurnalisme online bertempat di ruang meeting BPH di lantai 6 kompleks Gedung Induk Siti Walidah Kampus UMS. Dalam kegiatan ini, IDN Times menggandeng Prodi Ilmu Komunikasi.

IDN Times yang merupakan sebuah media multi-platform online dengan target untuk generasi milennial yang usianya 18-34 tahun.  Setelah berkunjung ke berbagai kota di Jawa Tengah dan Yogyakarta, IDN Times menyambangi UMS.

Ada dua sesi kegiatan dalam roadshow ini. Sesi pertama adalah seminar bertema 'Konten Berfaedah Ala Generasi Eksplorasi'  yang dilaksanakan di Ruang Sidang BPH UMS mulai pukul 08.30-11.00 WIB. Kemudian sesi kedua yakni workshop creative writer di Gedung J yang dimulai pukul 13.00 WIB.

Pada sesi seminar para peserta yang berjumlah sekitar 150-an orang mendapatkan paparan materi dari tiga pembicara sekaligus. Pembicara pertama Paulus Risang dan Yogi, keduanya Editor IDN Times. Pembicara ketiga yakni Drs Budi Santoso, M.Si, dosen Prodi Ilmu Komunikasi UMS yang juga mantan wartawan di salah satu media cetak di Indonesia.

Pembicara dari IDN Times menyampaikan bagaimana seorang mahasiswa bisa belajar menulis di IDN Times sekaligus menjadi kontributornya. Selain itu mereka juga menjelaskan keuntungan-keuntungan yang akan didapat ketika menulis di IDN TIMES. Beberapa keuntungannya adalahalah bisa dapat reward points yang bisa di tukarkan menjadi uang, komunitas menulis, proyek menulis, event media, dan tulisannya akan dibaca oleh jutaan pembaca. Peserta seminar nampak antusias dengan materi seminar tersebut.

Perwakilan dari Prodi Ilmu Komunikasi, Sidiq Setyawan, M.I.Kom mengatakan, acara ini sangat bagus buat mahasiswa khususnya mahasiswa Ilmu Komunikasi, karena akan mengetahui seluk beluk jurnalistik online di era media baru seperti sekarang ini. Apalagi bidang ini merupakan salah satu bidang yang dipelajari di Ilmu Komunikasi. Kemudian, peserta juga bisa menyerap ilmu-ilmu yang ada sebagai bekal sebelun terjun ke dunia jurnalistik.

Para peserta yang hadir tak hanya dari mahasiswa Ilmu Komunikasi saja, melainkan banyak juga mahasiswa dari program studi lain yang turut menimba ilmu di seminar ini. Acara ini diakhiri dengan foto bersama antara pembicara dengan dosen-dosen ilmu komunikasi sekaligus penyerahan cindera mata dan hadiah buat peserta dengan pertanyaan terbaik. (Bangkit N/humas)