Lewat Dana Alumni, UMS Berikan Beasiswa Penulisan Tugas Akhir kepada Mahasiswa

Dikirim oleh ridlo pada Sab, 10/26/2019 - 10:31
beasswa-danaalumni

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melalui Pengurus Ikatan Alumni (IKA,) menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) bagi mahasiswa penerima beasiswa Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa Tahun 2019,  Jum’at siang (25/10/2019) di ruang Kemahasiswaan lantai 3 Gedung Induk Siti Walidah UMS. Beasiswa tersebut bersumber dari kas Ikatan Alumni UMS. Besaran beasiswa tersebut sebesar 1 juta rupiah untuk setiap mahasiswa.

Ir. Sarjito, M.T., Ph.D selaku Ketua Pusat Ikatan Alumni UMS menerangkan, program beasiswa ini bertujuan untuk membantu pendanaan mahasiswa yang sedang melakukan tugas akhir atau skripsi. Tahun ini sebanyak 12 mahasiswa dari berbagai fakultas yang ada di UMS, menjadi penerima beasiswa tersebut.

“Maka harapannya bisa membantu mahasiswa yang akan melakukan penelitian seperti uji laboratorium dan sebagainya. Kemudian untuk memberikan stimulan bagi mahasiswa untuk segera menyelesaikan tugas akhirnya” Ujarnya.

Ir. Sarjito membeberkan jika beasiswa alumni di UMS sudah berjalan dua tahun sejak 2018. Kemudian jenis beasiswa untuk program tugas akhir ini baru ada di tahun 2019.

"Untuk beasiswa yang besarannya Rp 400 ribu per bulan itu sudah berjalan dua tahun ini. Tahun 2018 sebanyak 12 mahasiswa, tahun 2019 ada 14 penerima beasiswa. Sementara beasiswa progran penulisan tugas akhir ini merupakan varian baru mulai tahun 2019" jelasnya.

Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sistem Informasi UMS ini juga menjelaskan penerima beasiswa telah diseleksi dan harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Beberapa pesryaratannya antara lain yaitu Mahasiswa Aktif program Sarjana (S1) minimal semester 7, IPK minimal 3,00 bagi jurusan sosial dan 2,75 jurusan Sains Teknologi. Kemudian Telah mengajukan Proposal tugas akhir yang telah disetujui dosen pembimbing, dan tidak sedang menerima beasiswa jenis lain.

“Yang kita pertimbangkan IPK mahasiswa, penghasilan orang tua, kemudian kualitas proposal penelitian,” sambungnya saat diwawancarai setelah acara.

Sementara Sigit Wahyudi mahasiswa Prodi Psikologi semester 7 salah satu penerima beasiswa merasa terbantu dari segi biaya dengan adanya beasiswa ini. Dirinya juga semakin termotivasi untuk segera menyelesaikan tugas akhirnya. "Semoga beasiswa ini terus menerus diadakan, dan lebih banyak pendaftar serta penerimanya" ujar Sigit.

Acara ditutup dengan sesi foto bersama antara penerima beasiswa bersma Ketua IKA UMS, Sekretaris dan jajarannya di depan sekretariat IKA UMS, lantai 3 gedung Induk Siti Walidah. (Sonjaya/Humas)